• Senin, 5 Desember 2022

Pemdes Malino Bayar Proyek TTG Pakai Dana BLT, Desa Siweli Terbesar di Kecamatan Balaesang

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 09:37 WIB
Foto Ilustrasi dugaan koruspi aliran dana proyek TTG dan Website Donggala
Foto Ilustrasi dugaan koruspi aliran dana proyek TTG dan Website Donggala

METRO SULTENG - Pemerintah Desa Malino, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Sulteng, melakukan pembayaran proyek pengadaan alat Tehknologi Tepat Guna (TTG) menggunakan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sementara Desa Siweli masuk urutan pertama di Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala.

Proyek pengadaan alat TTG dan Website Desa, yang saat ini ditangani Polda Sulteng, terus mencuat. Seperti yang terjadi di Desa Malino.

Dana yang seharusnya diperuntukkan pembayaran BLT pada tahap II 2020, justru dialihkan Kades Malino Irfan Abdul Wahid untuk pembayaran proyek TTG.

"Program TTG memang diusulkan Pak Kades dalam pembahasan. Namun tidak masuk dalam perencanaan desa," jelas Rahman, mantan anggota BPD Malino.

Baca Juga: Polda Sulteng Akan Periksa Direktur CV. Mardiana Mandiri Pratama  Terkait Kasus Dugaan Korupsi TTG

Menurut Rahman, penolakan program TTG itu karena tidak masuk dalam usulan dan skala prioritas masyarakat desa.

Sementara masih banyak hal sekala prioritas, tidak dapat dilaksanakan karena berdasarkan kemampuan keuangan desa apalagi dalam kondisi Covid 19.

Namun secara diam-diam, Kades Malino melakukan pembayaran panjar TTG sebesar Rp 30 juta menggunakan dana BLT. Padahal program tersebut tidak masuk dalam APBDesa murni.

"Kades tetap ngotot untuk laksanakan program TTG, bahkan oprator Seskudes menyampaikan  jika tidak dilaksanakan, maka anggaran ADD dan DD Desa Malino tidak akan dicairkan," beber Rahman.

Dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI di Kecamatan Balaesang, hanya 1 desa dari 13 desa yang tidak menganggarkan program tersebut, yakni Desa Tambu.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Oknum ASN Dinas Perindagkop Donggala Digugat ke PN Palu

Selasa, 29 November 2022 | 06:05 WIB
X