• Senin, 5 Desember 2022

Polda Sulteng Akan Periksa Direktur CV. Mardiana Mandiri Pratama  Terkait Kasus Dugaan Korupsi TTG

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:40 WIB
Bupati Donggala Kasman Lassa bersama Direktur CV. MMP, Mardiana  (Foto: Ist)
Bupati Donggala Kasman Lassa bersama Direktur CV. MMP, Mardiana (Foto: Ist)

METRO SULTENG - Tim penyidik Polda Sulawesi Tengah mengagendakan pemeriksaan terhadap Mardiana selaku Direktur CV. Mardiana Mandiri Pratama (MMP) terkait kasus tindak pidana dugaan korupsi proyek pengadaan alat Tehknologi Tepat Guna (TTG) di Kabupaten Donggala tahun 2020.

Mardiana diperiksa sebagai saksi pada hari Kamis 6 Oktober 2022  berdasarkan laporan polisi nomor LP/289/X2022/SPKT.DITRESKRIMSUS/POLDA SULTENG, tanggal 3 Oktober 2022 dan Surat Perintah Penyidikan nomor Sprin.Sidik/15X/2022/Ditreskrimsus tanggal 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Teranyar Kasus TTG Donggala, Mardiana Dikuras, Ada Rekaman Diminta Siapkan 100 Juta untuk Oknum Penyidik

Saat dikonfirmasi, Mardiana membenarkan surat panggilan dari penyidik Polda Sulteng tersebut. Selain itu, Mardiana mengaku sedang dalam perjalanan pulang dari Makassar menuju Kota Palu.

DBaca Juga: Puluhan Kades Terancam Jadi Korban Kasus TTG dan Website Desa Pemda Donggala, Kades: Baku Buka Jo!

“So kenapa ini saya dipanggil di Polda. Pulang ini pasti akan banyak kejadian lagi dalam hidupku,” jawab Mardiana via pesan Whatshapp kepada media ini, Senin malam 3 Oktober 2022.

Berdasarkan laporan BPK Perwakilan Sulteng, pengadaan peralatan TTG di Kabupaten Donggala tidak sesuai ketentuan. Ketentuan yang dimaksud antara lain Kasi/Kaur Keuangan tidak menyusun dokumen persiapan pengadaan. Tidak melakukan survei harga pasar, RAB disusun hanya berdasarkan informasi dari penyedia.

Menurut BPK, pengadaan alat TTG bertentangan dengan peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan tata cara pengadaan barang/jasa di desa. Apalagi, pengadaan tidak masuk program prioritas dalam musyawarah desa, dan pengadaannya tidak diumumkan kepada masyarakat.

Baca Juga: Gila! Aliran Dugaan Suap TTG dan Website Desa Pemda Donggala Mencapai Rp 1,5 Miliar

Dalam laporan hasil pemeriksaan BPK RI, kasus TTG ini  merugikan keuangan negara sebesar Rp 4,1 miliar. Namun hingga kini tidak jelas penanganan kasus tersebut.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Oknum ASN Dinas Perindagkop Donggala Digugat ke PN Palu

Selasa, 29 November 2022 | 06:05 WIB
X