• Jumat, 7 Oktober 2022

Profil Roy Suryo, Pakar IT yang Kena Kasus IT Hina Presiden, Kini Mendekam di Penjara

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:44 WIB
Tangkap Roy Suryo menggema di Twitter karena diduga melakukan pelecehan simbol negara dan simbol agama. /Kolase Roy Suryo dan Patung Budha yang Diedit Wajah Jokwoi/Diolah dari Twitter
Tangkap Roy Suryo menggema di Twitter karena diduga melakukan pelecehan simbol negara dan simbol agama. /Kolase Roy Suryo dan Patung Budha yang Diedit Wajah Jokwoi/Diolah dari Twitter

METRO SULTENG-Pakar Informasi Teknologi (IT) yang juga Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo ditahan Polda Metro Jaya terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kasus ini bermula ketika Roy mengunggah foto stupa dengan wajah mirip Jokowi di akun Twitter miliknya. Banyak pihak menuding perbuatan Roy sebagai penistaan terhadap agama Buddha.

Nama Roy Suryo kerap kali berseliweran di berbagai pemberitaan media. Belakangan dikenal sebagai pakar informatika.

Baca Juga: Hari Asyura 10 Muharram Jadi Istimewa Karena Ada Peristiwa Penting Para Nabi

Baca Juga: Minahasa Utara Punya Banyak Obyek Wisata Alam Yang Bagus Dikunjungi, Ini Daftarnya

Baca Juga: Danau Tolire di Ternane Menyimpan Legenda yang Menarik Tempat Tinggal Buaya Besar

Berikut profil dan jejak karier Roy Suryo.

Dilansir dari berbagai sumber, Roy Suryo lahir di Yogyakarta pada 18 Juli 1968 dengan nama lengkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo.

Ia merupakan lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1991. Kemudian, lulus dari Magister Perilaku dan Promosi Pascasarjana UGM pada 2005.

Roy pernah menjadi dosen fotografi di UGM pada 1998-2008. Selain di UGM, ia juga pernah menjadi dosen Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta pada medio 1998-2004.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X