• Jumat, 7 Oktober 2022

Hari Asyura 10 Muharram Jadi Istimewa Karena Ada Peristiwa Penting Para Nabi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:25 WIB
Bulan Muharram
Bulan Muharram

METRO SULTENG-Umat Islam di seluruh dunia saat ini telah memasuki bulan Muharram 1444 H. Bulan pertama di tahun Hijriah ini merupakan salah satu dari empat bulan mulia yang disebut dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 36, selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Di antara keistimewaan bulan ini adalah terdapat hari Asyura. Hari kesepuluh di bulan Muharram ini punya segudang hal spesial. Di antaranya, banyak peristiwa penting yang terjadi pada hari tersebut.

Dalam beberapa riwayat, sebagaimana dilansir NU Online dalam tulisan Beberapa Peristiwa Penting Para Nabi pada 10 Muharram paling tidak, disebutkan tujuh peristiwa penting di hari Asyura.

Baca Juga: PT Vale Belum Ajukan Perpanjangan Kontrak Karya Blok Sorowako yang Berakhir 2025

Baca Juga: Hasil Laga PSM vs Persija, Tiga Poin Lepas Dari Tangan Juku Eja

Pertama, Nabi Adam as bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya. Atas pertobatan itu, Allah swt menerima tobatnya di hari yang sama.

Kedua, kapal Nabi Nuh pada hari Asyura berlabuh di bukit Zuhdi dengan selamat. Perlabuhannya itu berhasil setelah melalui banjir bandang yang melanda dunia saat itu, dan menghanyutkan hingga membinasakan banyak makhluk.

Ketiga, Nabi Ibrahim as pada hari tersebut selamat dari siksa Raja Namrud. Sebagaimana diketahui, ayah dari Nabi Ismail dan Nabi Ishaq itu disiksa dengan dibakar hidup-hidup oleh raja tersebut.

Keempat, Nabi Yusuf as dibebaskan dari penjara Mesir pada hari Asyura. Fitnah yang dituduhkan kepadanya mengantarkan Nabi yang berparas rupawan itu ke bilik jeruji.

Kelima, Nabi Yunus as pada hari Asyura berhasil keluar dari perut ikan yang melahapnya. Nabi Yunus terjun ke laut setelah merasa bahwa kapal yang ditumpanginya tidak bergerak karena keberadaannya.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

PT BTIIG Bangun Tiga Mesjid Anti Gempa Di Morowali

Minggu, 18 September 2022 | 21:44 WIB

Basarnas Palu Gelar Pelatihan Medan Ketinggian

Rabu, 14 September 2022 | 16:48 WIB
X