• Jumat, 9 Desember 2022

Kasus Raibnya Dana Nasabah Rp 9 Miliar, Bank Bukopin Palu Langgar UU Perbankan

- Jumat, 22 Juli 2022 | 09:08 WIB
Kuasa hukum PT CNE, Riswanto Lasdin SH, MH, CLA,
Kuasa hukum PT CNE, Riswanto Lasdin SH, MH, CLA,

METRO SULTENG- Gugatan perdata PT Citra Nuansa Elok (CNE) terhadap Bank Bukopin Tbk Cabang Palu, terus bergulir di Pengadilan Negeri Kelas 1A/PHI/Tipikor Palu.
Bank Bukopin diduga menghilangkan uang PT.CNE selaku nasabah senilai Rp 9 miliar. Karena dirugikan, PT CNE memutuskan membawa kasus ini ke ranah hukum.

Dalam gugatan perdata yang didaftarkan di PN Palu, PT CNE menegaskan, selain melakukan perbuatan melawan hukum (PMH)
melanggar Pasal 1356 KUHPerdata tentang perbuatan melawan hukum, Bank Bukopin Palu juga melanggar Undang-Undang Perbankan.

Yang dilanggar yakni, Pasal 2 dan Pasal 29 ayat 2 Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang perubahan UU No. 7 Tahun 1992 tentang perbankan. Sebab, Bank Bukopin dalam menjalankan usahanya dianggap tidak menerapkan prinsip kehati-hatian.

Baca Juga: Jelang MTQ Ke 29 Tingkat Provinsi Sulteng, Hari Ini Digelar Pawai Taaruf di Luwuk

Baca Juga: Aktor Pengeroyokan di Jalan Cut Nyak Dien Palu Diduga Pengusaha Tambang

Baca Juga: Penangkapan Paksa Nikita Mirzani Dilakukan Polisi, Yang Bersangkutan tidak Kooperatif

"Dalam UU Perbankan ditekankan bahwa perbankan Indonesia wajib hukumnya menggunakan prinsip kehati-hatian,"kata kuasa hukum PT CNE, Riswanto Lasdin SH, MH, CLA, kepada wartawan di Palu, Kamis (21/7/2022).

Akibat itulah, terjadi pemindahbukuan dana PT CNE senilai Rp 9 miliar tanpa sepengetahuan perusahaan yang bersangkutan. Sebelum dana tersebut raib, alur transaksi dana Rp 9 miliar dipindahbukukan ke rekening PT Global Media Konstruksi. PT Global diketahui perusahaan mitra kerja PT CNE yang membangun New Mall Tatura Palu.

"Kami menuntut karena telah dirugikan. Bukti dan saksi kami dalam perkara ini lengkap dan siap," ujar Riswanto yang juga Ketua KAI Sulteng.

Sebelum mendaftarkan gugatan perdata di PN Palu, pihaknya kata Riswanto, sudah melakukan upaya persuasif. Tujuannya agar masalah ini menemui solusi dan tidak harus berakhir di meja pengadilan. Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X