• Selasa, 7 Februari 2023

9 Penyebab Uban Hingga Rambut Putih, Ada Disebabkan Faktor Penyakit Hingga Stres

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 05:10 WIB
Rambut putih, tumbuh uban (Foto: Ist)
Rambut putih, tumbuh uban (Foto: Ist)

METRO SULTENG-Bagi sebagian orang melihat orang memutih rambutnya dianggap sebagai pemikir, bagi sebagian memiliki rambut putih sebagai hal menyebalkan karena mengganggu penampilan dan bikin minder, uban juga membuat kamu tampak lebih tua ketimbang usia sebenarnya.

Secara ilmiah, uban merupakan rambut yang memutih akibat lunturnya melanin atau zat warna rambut. Warna rambut orang Asia yang hitam terbentuk oleh dua jenis zat warna, yaitu eumelanin dan dominan. Jika jumlah eumelanin pada batang rambut berkurang, maka semakin putih pula warna rambutmu.

Baca Juga: 7 Golongan Obat: Kegunaan, Simbol, dan Contoh Obatnya

Nah, apa saja yang bisa mempengaruhi melanin ini, sehingga uban pun bermunculan? Lihat deretan penyebab uban berikut ini seperti dilansir allthingshair.com

1. Usia.
Tak hanya melanin, semua hal akan menurun kinerja ketika kita menua, salah satunya kolagen (plus stamina, hehe). Sel-sel yang bertugas mendukung produksi melanin melambat kerjanya, ada juga yang mulai menua dan bahkan mati. Inilah yang membuat rambut semakin kehilangan zat warnanya.

Usia normal tumbuh uban adalah di usia akhir 30-an atau 40-an, tapi ada juga yang sudah beruban sejak umur 15 tahun.

2. Keturunan.
Satu hal lagi yang tak bisa dicegah adalah genetik atau keturunan. Faktor penyebab tumbuh uban di usia 14 tahun misalnya, dibuktikan langsung oleh studi yang dilakukan peneliti Langone University New York Doris Day.

Biasanya, orang dengan genetik bawaan akan beruban jauh lebih cepat ketimbang orang normal. Apakah kamu termasuk yang sudah beruban sejak remaja? Jika ya, artinya mungkin orangtua atau tetua keluarga kamu yang mewariskan uban secara genetik.

Baca Juga: Ini Jenis Makanan dan Minuman Sehat Saat Hamil Untuk Kebutuhan Nutrisi Ibu dan Janin

3. Efek Cat Rambut atau Bleaching.
Terlalu banyak paparan zat kimia, tepatnya hidrogen peroksida, akibat mewarnai rambut juga bisa menyebabkan uban. Hal ini dipicu kerusakan struktur atau pigmen pada batang rambut. Jika tak ingin rambut rusak dan berubah ubanan, sebaiknya hindari mengecat rambut terlalu sering.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X