• Senin, 5 Desember 2022

Jaksa Agung Periksa Bupati Donggala Terkait Dugaan Suap ke Oknum Jaksa Kejati Sulteng

- Kamis, 24 November 2022 | 15:43 WIB
 Bupati Donggala Kasman Lassa, saat mengeluarkan disposisi kepada CV. Mardiana Mandiri Pratama (MMP) di perkebunan Limboro   dengan kode: B. 0489 pada 29 April 2020.   (Foto: Dok Pribadi)
Bupati Donggala Kasman Lassa, saat mengeluarkan disposisi kepada CV. Mardiana Mandiri Pratama (MMP) di perkebunan Limboro dengan kode: B. 0489 pada 29 April 2020. (Foto: Dok Pribadi)

METRO SULTENG-Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan Kejaksaan Agung periksa Bupati Donggala Kasman Lassa  terkait dugaan suap aliran dana  Tehknologi Tepat Guna (TTG) yang mengalir ke oknum jaksa.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Jamwas Kejaksaan agung  itu juga berkaitan dengan dugaan pelanggaran disiplin dan penyalahgunaan kewenangan terhadap oknum jaksa.

Bupati Donggala tiba di Kejaksaan Negeri Donggala sekitar puk 09.00 WITA dan diperiksa oleh tim Kejaksaan Agung yang dipimpin oleh Inspektur IV Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Dr. Heffinur SH,M.Hum.

Baca Juga: Kejaksaan Agung RI Juga Akan Periksa DB Lubis dan Kadis PMD Terkait Dugaan Aliran Dana TTG Kepada Oknum Kejati

Pemeriksaan secara maraton oleh tim Kejaksaan Agung itu kepada 5 orang saksi yakni Bupati Donggala, Asisten III DB Lubis, Kadis PMD Muzakir Ladoali, Direktur CV MMP Mardiana dan Najamauddin Laganing.

Sementara itu, Mardiana juga menyerahkan barang bukti terkait dugaan aliran dana ke oknum kejaksaan  sebesar Rp 350 juta berupa foto dan sejumlah  rekaman percakapan baik perintah bupati maupun oknum jaksa.

Perlu diketahui salah satu rekaman yang diserahkan ke tim kejaksaan agung adalah sebuah rekaman suara Bupati Donggala, Kasman Lassa meminta sejumlah uang kepada Direktur CV. Mardiana Mandiri Pratama, (MMP) Mardiana.

Dalam rekaman yang berdurasi 3 menit 59 detik itu, Bupati Kasman Lassa meminta Mardiana menyiapkan uang sebesar Rp 50 juta untuk oknum Kejaksaan Negeri Donggala, bernama Bambang.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Berjamaah Proyek TTG Donggala, LBH Sulteng Laporkan Bupati Kasman Cs ke Kejati

Dalam rekaman itu, pembicaran diawali oleh Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala, DB Lubis. Mardiana dihubungi melalui ponsel DB Lubis.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Oknum ASN Dinas Perindagkop Donggala Digugat ke PN Palu

Selasa, 29 November 2022 | 06:05 WIB
X