• Senin, 8 Agustus 2022

Bupati Donggala Lawan Kades Hingga Kasasi di MA, Lutfin Ledek Bupati Bukan Level Saya

- Minggu, 3 Juli 2022 | 10:44 WIB
Kasman vs Lutfin
Kasman vs Lutfin

METROSULTENG, Donggala-Setelah Kalah di PTUN Palu dan Makasar, Bupati Donggala, Sulteng DR. Drs Kanjeng Raden Ariyo Ningrat Kasman Lassa, SH, MH akhirnya mengajukan kasasi di Mahkama Agung.

Kasasi yang di ajukan 6 orang Penasehat Hukum Bupati Donggala pada tanggal 14 Juni 2022 itu setelah PTUN Makasar menguatkan putusan PTUN Palu. Dalam memori kasasi yang diajukan pada 27 Juni 2022 tersebut, Bupati Donggala meminta agar Mahkamah Agung membatalkan Putusan PTUN Makasar yang menguatkan Putusan PTUN Palu yang dimenangkan bawahannya Kepala Desa Marana, Kecamatan Sindue, Lutfin, S. Sos.

Baca Juga: Melangsingkan Badan Cukup Konsumsi Makanan Ini Jika Tak Ada Waktu Olahraga

Selain itu, Bupati Donggala juga meminta agar MA meringankan putusannya dan memberikan kewenangan terhadap Bupati Donggala untuk melakukan pemilihan kembali dan tidak melakukan ganti rugi, mengembalikan nama baik, harkat martabat serta kedudukan Lutfin, S. Sos sebagai Kepala Desa Marana.

Sebelumnya kasus pemberhentian Kepala Desa Marana telah di putuskan oleh Mahkamah Agung pada 29 Oktober tahun 2021 lalu.
Dalam putusan Nomor 1 P.KHS/2021 yang di pimpin oleh Majelis Hakim Dr. H. Yulius, S.H., M.H., Hakim Agung yang ditetapkan oleh Ketua Mahkamah Agung sebagai Ketua Majelis, bersama-sama dengan Dr. H. Yosran, S.H., M.Hum., dan Is Sudaryono, S.H., M.H., Hakim-Hakim Agung sebagai Anggota, apabila apa yang dijadikan dasar pemberhentian
sementara tersebut ternyata tidak terbukti di kemudian hari, maka terhadap Kepala Desa yang bersangkutan, akan dikembalikan status dan kedudukannya.

Baca Juga: Amankan Event Rockin Fest 2022, Polres Banggai Terjunkan Puluhan Personel

Sementara itu Lutfin yang di konfirmasi mengatakan, Kasasi yang di lakukan oleh Bupati Donggala, karena tidak merasa puas degan putusan PTUN Palu dan putusan PTUN Makasar yang di menangkan oleh dirinya.

"Saya yakin dia (bupati_red) pasti kasasi lagi karena tidak puas dengan kekalahannya," jelas Lutfin, Minggu (3/7).

Menurut Lutfin, langkah Bupati untuk mengajukan kasasi adalah jalan yang harus di ambil untuk mengobati kekalahamnya untuk mencari sebuah kebenaran melalui jalur hukum.

Baca Juga: Logo Festival Danau Poso Oktober 2022 Diluncurkan, Ada Gambar Ikan Sogili dan Burung Maleo

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X