• Selasa, 7 Februari 2023

Indonesia Kecam Pembakaran Alquran Oleh Politisi Swedia Saat Demo Protes Turki

- Senin, 23 Januari 2023 | 08:16 WIB
Rasmus Paludan melakukan aksi pembakaran Alquran dalam aksi protes terhadap Turki dan tolak Swedia bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). (Foto: Twitter)
Rasmus Paludan melakukan aksi pembakaran Alquran dalam aksi protes terhadap Turki dan tolak Swedia bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). (Foto: Twitter)

METRO SULTENG-Indonesia mengutuk keras aksi pembakaran Alquran di Swedia oleh seorang politisi di tengah aksi demonstrasi anti Turki.

Kementerian Luar Negeri RI menyatakan respons yang tegas lewat sebuah utas dalam akun Twitter resminya, @Kemlu_RI.

"Indonesia mengutuk keras aksi pembakaran kitab suci Al-Qur'an oleh Rasmus Paludan, politisi Swedia, di Stockholm (21/1)."

Akun Kemenlu kemudian menegaskan bahwa kebebasan ekspresi tidak bisa dieksploitasi dan harus digunakan secara bertanggung jawab.

Aksi penistaan kitab suci ini telah melukai dan menodai toleransi umat beragama. Kebebasan ekspresi harus dilakukan secara bertanggung jawab."

Baca Juga: Suzuki Makin Ganas, Tipe SV650 2023 Punya Kecepatan Tinggi

Rasmus Paludan melakukan aksi pembakaran Alquran dalam aksi protes terhadap Turki dan tolak Swedia bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Paludan adalah pemimpin partai politik sayap kanan Denmark Garis Keras. Paludan, yang juga berkewarganegaraan Swedia, pernah menggelar sejumlah demonstrasi di masa lalu dimana dia membakar Alquran.

Dalam izin yang diperolehnya dari polisi, dikatakan bahwa protesnya dilakukan terhadap Islam dan apa yang disebut upaya Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk mempengaruhi kebebasan berekspresi di Swedia.

Baca Juga: New Honda Monkey dan New C125 Resmi Meluncur di Thailand! Klasik Tampang Unik Bikin Menggoda

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X