• Jumat, 7 Oktober 2022

Mapala UI Kampanyekan Pendakian Netral Karbon

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 06:04 WIB
Mapala UI
Mapala UI

METRO SULTENG– Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) akan melakukan Pendakian Netral Karbon di Taman Nasional Bukit Baka dan Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat dalam kegiatan bertajuk BAKA-RAYA PROJECT pada 7-28 Agustus 2022. Proses Netral Karbon yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Carbon Footprint Calculator serta Carbon Offsetting.

Perjalanan yang merupakan bagian dari rangkaian pendidikan calon anggota Mapala UI ini bertujuan untuk turut mengampanyekan kesadaran para pendaki dan wisatawan di Indonesia atas emisi karbon yang dihasilkan selama melakukan perjalanan.

Pendakian ini diharapkan dapat turut membangkitkan geliat pariwisata pascapandemi di Kabupaten Sintang, setelah sebelumnya Mapala UI juga turut berkontribusi dalam percepatan vaksinasi nasional di kalangan masyarakat sekitar daerah wisata.

Baca Juga: Bharada E Diancam Pasal 338 KUHP, Dianggap Bukan Membela Diri

Baca Juga: Bareskrim Polri Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka Penembak Brigadir J

TNBBBR yang sebagian wilayahnya masuk ke dalam Kab. Sintang menjadi destinasi pendakian kampanye ini sebab adanya kesamaan semangat antara kegiatan ini dengan Rencana Aksi Daerah (RAD) Sintang Lestari, yakni suatu komitmen Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui pariwisata, dengan tetap memperhatikan keberlanjutan sumber daya alam serta kondisi lingkungan.

Tak hanya pendakian, dalam perjalanan ini Mapala UI juga akan menginisiasi proyek sosial “Pojok Literasi" di Desa Rantau Malam, Kabupaten Sintang sebagai upaya menunjukan kepedulian terhadap peningkatan literasi anak di daerah yang dijelajahi.

Proyek yang bekerja sama dengan PT Gramedia Asri Media serta Perpustakaan Nasional ini akan dilaksanakan dengan cara membangun pojok baca di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 20 Rantau Malam yang saat ini masih belum memiliki perpustakaan.

Baca Juga: Lirik Lagu Mbok yo Sing Full Senyum Sayang, Lagu Evan Loss Yang Viral di TikTok Tembus 27 Juta Penonton

Baca Juga: Profil Evan Loss, Penyanyi Asal Yogyakarta Yang Viral Lewat Lagu Ciptaanya Full Senyum Sayang

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

PT BTIIG Bangun Tiga Mesjid Anti Gempa Di Morowali

Minggu, 18 September 2022 | 21:44 WIB

Basarnas Palu Gelar Pelatihan Medan Ketinggian

Rabu, 14 September 2022 | 16:48 WIB
X