Puncak Peringatan Harkanas Berlangsung Meriah, Berikut Penyampaian Gubernur Sulteng

- Selasa, 22 November 2022 | 05:29 WIB
Puncak Harkanas ditandai dengan menanam mangrove. (foto: ist)
Puncak Harkanas ditandai dengan menanam mangrove. (foto: ist)

METRO SULTENG - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma'mun Amir bersama
Ketua TP. PKK Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si, Wakil Ketua TP. PKK Hj. Halimah Amir, Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu dan Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Ngai SE serta pejabat terkait lainnya menyambut kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura dalam rangka puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong, Senin 21 November 2022.

Baca Juga: Daun Pakis (Paku) Mengandung Banyak Gizi dan Kaya Manfaat Bagi Tubuh, Baik Juga Untuk Ibu Hamil

Kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan serta Gubernur Sulawesi Tengah beserta rombongan dilokasi Harkanas mendapat sambutan secara adat, yang sebelumnya diawali dengan kunjungan ke stand pameran dan penanaman mangrove yang merupakan titik ke-88 dalam rangka memecahkan rekor MURI.

Sebelum seremoni puncak peringatan Harkanas diawali tarian kolosal cerita indah di Teluk Tomini, dilanjutkan dengan parade 250 perahu nelayan, Tomini fashion carnaval serta dero massal. Menteri Kelautan dan Perikanan serta beberapa pejabat tinggi lainnya juga ikut menari.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura melalui Wakil Gubernur Sulteng Drs. H. Ma'mun Amir dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono beserta para pejabat tinggi negara, para kepala daerah dan tamu penting lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah tepatnya di Bumi Songu Lara membangu Kabupaten Parigi Moutong dalam rangka puncak Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9, Senin 21 November 2022.

Baca Juga: Tim Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan Jelang Laga Piala Dunia Lawa Inggris Untuk Dukung Pengunjuk Rasa

"Semoga peringatan ini menuai kesuksesan dan manfaat,"kata Wagub.

Manfaatnya diantaranya ; pertama untuk mensosialisasikan betapa pentingnya konsumsi ikan bagi kehidupan untuk menjadikan masyarakat sehat dan tanggung dengan gemar makan ikan yang juga diharapkan mampu menurunkan prevalensi stunting nasional menjadi 14% pada tahun 2024 dan Sulawesi Tengah sebesar 11% juga di tahun yang sama.

Kedua, untuk mendorong kreativitas dan inovasi pelaku usaha melalui kegiatan pameran dan lomba masak ikan serta panen udang vaname, semoga berimplikasi dalam meningkatkan produktivitas hasil-hasil Kelautan dan Perikanan di Sulawesi Tengah dan Parigi Moutong.

Ketiga, untuk meningkatkan kepedulian dalam menjaga kelestarian lingkungan bahari melalui penanaman mangrove untuk mendukung program bulan cinta laut di 88 titik sepanjang 472 km2 di wilayah pesisir teluk Tomini sekaligus untuk memecahkan rekor muri Tahun 2022.

Halaman:

Editor: Icam Djuhri

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan Sulteng

Tags

Terkini

X