• Selasa, 7 Februari 2023

Kaki Dingin, Itu Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Gejala Penyakit Ini

- Kamis, 26 Januari 2023 | 06:10 WIB

METRO SULTENG-Bukan hal yang aneh jika kaki Anda terasa dingin selama musim dingin, tetapi jika Anda sering mengenakan kaus kaki tebal dan meringkuk di bawah selimut hangat untuk menjaga agar jari kaki Anda yang beku tetap hangat, mungkin ada penyebab lain selain cuaca dingin.

Kaki dingin seperti dilansir bestlife kronis berhubungan dengan beberapa masalah kesehatan yang berbeda, dan jika terutama jika Anda mengalami gejala tidak biasa lainnya bersamaan dengan itu, sebaiknya periksakan ke penyedia layanan kesehatan Anda untuk menyingkirkan masalah yang mendasarinya.

1. Hipotiroidisme

Kaki dingin Anda mungkin mencoba memberi tahu Anda bahwa tiroid Anda bermasalah. "Kelenjar tiroid adalah fungsi metabolisme reguler yang penting dalam tubuh kita," kata Kelly Johnson-Arbor , MD, seorang dokter pengobatan darurat dan direktur medis bersama di National Capital Poison Center. Jika Anda mengalami kaki dingin yang terus-menerus, tiroid Anda mungkin tidak menghasilkan hormon yang cukup. Ini disebut hipotiroidisme, yang juga dikenal sebagai tiroid yang kurang aktif, menurut Johnson-Arbor.

"Orang yang memiliki tiroid yang kurang aktif mungkin mengalami kelelahan, penambahan berat badan, dan intoleransi terhadap suhu dingin. Efek pada metabolisme ini dapat menyebabkan rasa kaki dingin," jelasnya. "Untungnya, penyakit tiroid dapat didiagnosis dengan tes darah sederhana. Perawatan, yang biasanya melibatkan pemberian hormon tiroid seumur hidup, dapat membantu mengurangi atau menghilangkan tanda dan gejala hipotiroidisme."

2. Diabetes

Diabetes juga dapat menyebabkan perubahan pada kaki Anda — dan meskipun kondisinya sangat umum, penyakit ini dapat dengan mudah tidak diketahui untuk waktu yang lama: Jutaan kasus diabetes saat ini tidak terdiagnosis, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). David Beatty , MRCGP, seorang dokter umum yang berbasis di Inggris , mengatakan bahwa kaki yang dingin mungkin merupakan tanda bahwa Anda menderita diabetes.

Penderita diabetes sangat mungkin mengembangkan penyakit pembuluh darah perifer (PVD), suatu kondisi di mana "pasokan darah arteri ke ekstremitas berkurang atau, dalam kasus ekstrim, tersumbat sepenuhnya," jelas Beatty. "[Dengan ini] lemak, kolesterol, dan zat lain membentuk plak yang menyumbat arteri, mengurangi aliran darah ke kaki," jelasnya. "Akibatnya, sirkulasi ke ekstremitas dapat terganggu."

Dengan diabetes dan PVD, Anda mungkin melihat beberapa perubahan spesifik pada kaki Anda bersamaan dengan kedinginan. "Kaki yang terkena mungkin terasa sejuk saat disentuh. Mungkin terlihat warna biru keunguan atau tampak putih pucat," kata Beatty. "Jika kulit ditekan, area tersebut mungkin tampak pucat lebih lama dari biasanya sebelum warna normal kembali. Denyut nadi kaki mungkin sulit atau tidak dapat dirasakan."

3. Anemia

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X