• Selasa, 7 Februari 2023

Manfaat Sayur Kelor Dapat Mencegah Stunting, Begini Cara Masaknya Yang Benar Agar Vitaminnya Tidak Hilang

- Jumat, 11 November 2022 | 11:45 WIB
Daun Kelor
Daun Kelor

METRO SULTENG- Kelor (Moringa Oleifer) merupakan tanaman sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat mencegah Stunting atau kondisi gagal pertumbuhan tubuh dan otak anak akibat kekurangan gizi.

Hal tersebut dikuatkan dengan hasil yang dikeluarkan oleh Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan di antaranya membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Ini Jenis Makanan dan Minuman Sehat Saat Hamil Untuk Kebutuhan Nutrisi Ibu dan Janin

Daun kelor mengandung protein yang dua kali lebih banyak dari yogurt, kandungan potasium yang tiga kali lebih banyak dari pisang, dan kandungan vitamin A empat kali lebih banyak dari wartel sehingga sangat penting untuk di konsumsi balita penderita stunting dalam memenuhi kebutuhan vitaminya.

Lantas gimana cara masak daun kelor yang benar, dilansir dari pernyataan Ir Ai Dudi Krisnadi seorang pengusaha kelor mengatakan jika memasak sayur kelor airnya dipanaskan dulu sampai mendidih, kalau mau dicampur gambas dan jagung juga boleh sampai empuk, nanti setelah itu apinya dimatikan.

Manfaat

Baca Juga: Sering Dibuang Dianggap Tidak Dimakan, Ternyata Biji Pepaya Kaya akan Manfaat Kesehatan, Bisa Cegah Ga Ginjal

"Nanti setelah itu daun kelornya diambil lalu dirorot, tidak boleh ada ranting dan apalagi ada pohonnya, tidak boleh karena di ranting ada antinutrin, setelah dimasukan diaduk dan ditutup jangan lupa kasi bumbunya, setelah itu hangat baru di makan," katanya.diliat dari akun Video Tiktok (VT) @kelor kiageng, Jum,at (11/11/2022).

Menurut Ai Dudi Krisnadi yang akrab disapa Kang Dudi ini berdasarkan hasil uji labaratorium, satu mangkok sayur kelor itu sama dengan 17 mangkok susu, sama dengan 25 mangkok bayam, sama dengan 17 mangkok pisang, sama dengan 2 mangkok telur, sama dengan 50 mangkok sarden.

"Coba bayangkan,"ujarnyaI menyebutkan, hal inilah yang membuat di Blora 3 bulan anak Stunting, tingginya sudah naik 5 hingga 9 cm, hanya dengan sayur kelor.***

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X