• Selasa, 7 Februari 2023

Polres Parimo Gandeng Dinkes Tertibkan Peredaran Obat Sirup Anak Pemicu Gagal Ginjal Akut

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 06:15 WIB
Polres Parimo razia obat sirup anak di Apotek
Polres Parimo razia obat sirup anak di Apotek

METRO SULTENG - Polres Parigi Moutong (Parimo), Sulteng, bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parimo bergerak memantau peredaran obat sirup penyebab munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak.

Kapolres Parimo Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Arto Wiyono, SIK, MH didampingi beberapa pejabat utama Polres dan staf seksi Kefarmasian Dinkes Kabupaten Parimo mendatangi toko obat dan apotek yang ada di Kota Parigi, Jumat (21/10/2022).

"Selain melakukan pengecekan dan pengawasan obat sirup yang mengandung Etilen Glikol, kami dari Polres Parimo dan Dinkes sekaligus melakukan sosialisasi," jelas Kapolres Parimo.

Baca Juga: Denise Chariesta Terancam 8 Tahun Penjara Atas Pencemaran Nama Baik, Penuhi Panggilan Senin Mendatang

Ini sebagai tindak lanjut perintah Kapolri, untuk merespon munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak-anak, sehingga dilibatkan dari Dinkes.

Bila ditemukan jenis obat sirup yang sementara dilarang edar atau mengandung Etilen Glikol, akan didata dan didokumentasikan. Dan untuk sementara agar digudangkan dan dikembalikan ke Perusahaan Besar Farmasi, guna mencegah munculnya kasus gagal ginjal akut di wilayah Parimo.

Terpisah, Kabidhumas Polda Sulteng melalui Kasubbid Penmas Kompol Sugeng Lestari mengatakan, beberapa satuan wilayah atau Polres bersama Dinas Kesehatan setempat, hari ini turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan dan pengecekan obat sirup yg mengandung Etilen Glikol.

"Kegiatan ini sebagai perintah Bapak Kapolri untuk merespon munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak dengan melakukan pengecekan dan pengawasan toko obat, apotek dan minimarket," terangnya.

Baca Juga: Hasil Koordinasi Sidokkes Polres dan BPOM Kabupaten Banggai, Ini 5 Jenis Obat Yang Harus Dikembalikan

Diharapkan kepada pemilik toko obat, apotek dan minimarket dapat bekerjasama untuk mencegah kasus gagal ginjal akut pada anak-anak di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, dengan tidak memperjual belikan obat sirup yang untuk sementara dilarang edar. ***

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X