• Selasa, 7 Februari 2023

Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Obat, Cukup Lakukan Hal Ini, Dijamin Gula Darah Lenyap

- Jumat, 2 September 2022 | 07:35 WIB
Tes gula darah (Foto: Ilustrasi)
Tes gula darah (Foto: Ilustrasi)

METRO SULTENG-Penderita diabetes kerap was-was dengan kadar gula darah tinggi di pagi hari. Nah, begini cara menurunkan gula darah tinggi pada pagi hari buat orang-orang dengan diabetes, tak pakai obat.

Dikutip dari WebMD, saat bersiap untuk bangun di pagi hari, tubuh melepaskan gelombang hormon yang bisa bekerja melawan insulin dan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Ini yang jadi kecemasan penderita diabetes.
Tapi, kondisi tersebut bisa memengaruhi siapa saja, bukan hanya penderita diabetes. Dan biasanya, tidak menjadi masalah karena tubuh secara alami memproduksi insulin untuk memperbaikinya.

Kenaikan gula darah puasa pada dini atau pagi hari dikenal dengan istilah fenomena fajar atau dawn effect. Kondisi ini pada umumya terjadi antara pukul 02.00-08.00 WIB.

Namun, tubuh penderita diabetes mungkin tidak dapat merespons dengan cara yang sama. Ini bisa menghasilkan kadar gula darah yang tinggi secara konsisten di pagi hari.

Baca Juga: Manchester United Naik Peringkat ke Lima Klasemen Liga Inggris 2022-2023 Usai Tekuk Leicester City

Padahal, kenaikan kadar gula darah jika terjadi terus-menerus termasuk di pagi hari, hal itu bisa meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang.

Cara menurunkan gula darah pada pagi hari

Beberapa cara yang bisa Anda ambil untuk menurunkan kadar gula darah pada pagi hari tanpa obat adalah melalui perbaikan gaya hidup dan perubahan pola makan.

Jika perubahan gaya hidup sederhana tidak berhasil, penderita diabetes sebaiknya bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pendekatan terbaik guna menurunkan kadar gula darah mereka di pagi hari.

Berikut adalah beberapa cara menurukan gula darah tinggi pada pagi hari yang patut Anda pertimbangkan:

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X