RSUD Ampana Saat Ini Memiliki Sentra Oksigen yang Tersalurkan ke Ruang Pasien

- Selasa, 6 Juni 2023 | 17:52 WIB
Sentra Oksigen RSUD Ampana
Sentra Oksigen RSUD Ampana

METRO SULTENG-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una Sulteng, kini memiliki tangki atau sentra oksigen yang dapat didistribusikan ke seluruh ruangan yang ada di rumah sakit untuk pasien.

Langkah ini merupakan terobosan Direktur RSUD Ampana dr. Niko guna mengantisipasi kekurangan atau kehabisan oksigen di RSUD Ampana.

Baca Juga: Gara-gara Persulit Balik Nama Sertifikat, BPN Palu Diadukan ke Menteri Hadi

dr. Niko, Selasa (6/6) mengatakan, pemasangan tangki atau sentra oksigen tersebut merupakan hasil kerjasama RSUD Ampana dengan PT. Samator yang memang ada cabangnya juga di Palu dan di Luwuk.

Pemasangan tangki oksigen ini bebas biaya baik Pemda maupun RSUD Ampana. "Selama kami masih berlangganan dengan PT. Samator untuk melakukan stok di RSUD Ampana, maka kami masih dipinjamkan tabung oksigen tersebut," tandasnya.

Baca Juga: Hari Ini, Gelombang Pertama Jemaah Haji Sulteng Kloter 9 Diberangkatkan Menuju Embarkasi Balikpapan

Tangki oksigen ini berfungsi agar penyaluran oksigen ke setiap unit, ruangan atau bahkan bet rumah sakit menjadi lebih stabil, karena tekanan yang disalurkan dari tangki itu sifatnya terpusat dan mengefisienkan tabung oksigen yang manual 6 meter kubik ke ruangan yang membutuhkan.

"Jadi, kami hanya menyediakan tabung oksigen 6 meter kubik itu, apabila dalam keadaan darurat atau sambil menunggu pengisian tabung sambil menunggu pengisian tabung oksigen sentra yang akan dipasok dari makasar," ungkapnya.

Baca Juga: Pengen Lebih Jantan! Yuk Datang Di Warkop Sport Coffee Morowali, Tersedia Menu Khusus Pria Tangguh

Menurutmya, bercermin pada Covid yang lalu, selalu waspada terhadap kebutuhan oksigen yang sangat vital dibutuhkan untuk suatu jalannya operasional rumah sakit. Apalagi yang sifatnya ruangan kritis seperti kamar operasi ICU atau IGD.

Tabung oksigen sentra ini mempunyai sistem akan bisa dibaca dari Makasar, bahkan dari Jakarta, ketika pasien banyak mungkin oksigen tinggal 1/3, maka truk akan dikirim melakukan pengisian.***

 

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Mega Bakti Kesehatan Nasional Dilaksanakan di Untad

Senin, 18 September 2023 | 09:36 WIB

Hari Ini dan Besok, Cuaca di Jakarta Cerah Berawan

Jumat, 18 Agustus 2023 | 06:18 WIB
X