Pelaku Bom Bunuh Diri Agus Terkait Jaringan Teroris JAD Bandung, Pemain Lama Yang Masih Eksis

- Jumat, 9 Desember 2022 | 12:28 WIB
Foto pelaku bom bunuh diri di Polsek Antanayaar Agus Sujatno alias Abu Muslim (Foto: Detik.com)
Foto pelaku bom bunuh diri di Polsek Antanayaar Agus Sujatno alias Abu Muslim (Foto: Detik.com)

METRO SULTENG-Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat, Agus Sujatno terafiliasi dengan Jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung. Pelaku tewas dalam aksi bom bunuh diri tersebut.

"Kita bisa jelaskan pelaku terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung Jawa Barat," ujarnya dalam konfrensi pers, usai meninjau lokasi bom bunuh diri.

Baca Juga: Pasca Bom Bunuh Diri di Polsek, BNPT: Waspada Ancaman Teroris Jelang Nataru 2023

Dari hasil sidik jari dan face recognition, ia menuturkan, identitas pelaku bom bunuh diri adalah Agus Sujatno atau yang dikenal Agus Muslim.

Pelaku pernah ditangkap dalam kasus bom di Cicendo, Kota Bandung. "Pelaku Agus Sujatno dikenal Agus Muslim yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun, di bulan September-Oktober 2021 lalu bersangkutan bebas," katanya.

Baca Juga: Sekretaris Kabinet Deputi Bidang Administrasi Tetapkan Novalina Sekdaprov Sulteng

Pihaknya mengikuti aktivitas pelaku seusai bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan. Namun, yang bersangkutan terafiliasi dengan JAD Bandung.

"Yang bersangkutan ini sebelumnya ditahan di proses di LP Nusakambangan artinya dalam tanda kutip masuk kelompok masih merah sehingga proses deradikalisasi membutuhkan teknik dan taktik berbeda karena yang bersangkutan masih susah diajak berbicara, menghindar walau sudah mulai melaksanakan aktivitas," katanya.

Baca Juga: Aksi Alumni Akpol 1990 Bantu Korban Gempa Cianjur

Kapolri memastikan, pihaknya bersama tim bekerja untuk menuntaskan kasus bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar. Ia sudah memerintahkan semua tim untuk bergerak.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Terkini

X