• Jumat, 30 September 2022

KKLR Dukung Gubernur Sulsel Ambil Alih Lahan Kontrak Karya PT Vale Dikelola BUMD

- Senin, 12 September 2022 | 18:40 WIB
PT Vale
PT Vale

METRO SULTENG-Ketua Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Arsyad Kasmar menyatakan dukungannya terhadap rencana Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang tidak ingin kontrak karya Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Vale Tbk. diperpanjang.

“Alhamdulilah, Bapak Gubernur Pak Andi Sudirman hebat dan mau membantu rakyatnya,” kata Arsyad Kasmar melalui keterangannya yang diterima di Makassar, seperti dikutip Metro Sulteng dari Antara, Senin (12/9).

Arsyad menilai rencana diambil alihnya lokasi tambang PT. Vale Tbk oleh Pemerintah Provinsi Sulsel itu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulsel khususnya Luwu Raya, keterlibatan tenaga kerja lokal lebih optimal, serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan juga pemberdayaan pengusaha lokal.

Baca Juga: Ini Dia 70.566 Hektar Lahan Kontrak Karya PT Vale yang Ingin Diambil Alih Gubernur Sulsel

Baca Juga: Ternyata Ini Pokok Masalah Gubernur Sulsel Tolak Perpanjangan Kontrak Karya PT Vale

Arsyad mengharapkan kesiapan Pemprov melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengelola lahan pertambangan nikel tersebut. Termasuk dengan memberdayakan sumber daya manusia yang ada.

“Untuk BUMD harus menempatkan tenaga profesional di bidang tambang dan hal tersebut sudah cukup banyak putra daerah yang kompeten,” ujar dia.

Sebelumnya, Andi Sudirman bersama dua gubernur lainnya di Pulau Sulawesi yakni Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura secara tegas menolak perpanjangan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Vale Indonesia, Tbk yang sudah direklamasi perusahaan di Blok Sorowako, Luwu Timur.

Baca Juga: PT Vale Tetap Lakukan Aktifitas Meski Dapat Penolakan 3 Gubernur

Baca Juga: PT Vale Penyumbang Ekspor Terbesar Sulsel

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

HUT ke-44 Kota Palu, Swiss-Belhotel Ada Promo Harga Nih

Selasa, 27 September 2022 | 09:17 WIB

Tingkatkan SDM, Pemkab Morowali Utara dan PPNS Teken MoU

Sabtu, 24 September 2022 | 20:59 WIB

Inda Cake Beteleme, Warkop Favorit Berbagai Kalangan

Sabtu, 17 September 2022 | 23:58 WIB
X