• Jumat, 7 Oktober 2022

Menyusuri Danau Matano Dilingkar Tambang Vale, Menyelami Airnya yang Biru dan Memandangi Hutannya yang Rimbun

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:12 WIB
Menyusuri Danau Matano menikmati airnya yang jernih (FOTO: BAND)
Menyusuri Danau Matano menikmati airnya yang jernih (FOTO: BAND)

METRO SULTENG-Danau Matano dikenal sebagai danau paling dalam di Asia Tenggara dengan kedalaman 625 meter, terletak di Desa Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau seluas: 164,1 km² ini berada persis didaerah lingkar tambang PT Vale Blok Sorowako. Bahkan jaraknya hanya 30 kilometer dari aktivitas penambangan.

Air danau Matano sangat bening dan adem (FOTO: BAND)

Jurnalis Metro Sulteng bersama rombongan 20 wartawan lainnya dari Jakarta, Sulsel dan Kendari mendapat kesempatan jalan-jalan menyusuri Danau Matano bersama Head Of Communication PT Vale Indonesia Bayu Aji di Luwu Timur, Sabtu (6/8) untuk melihat dari dekat pesona danau Matano. Rombongan star dari dermaga Sorowako Diving Club, menaiki kapal kecil kapasitas 20 penumpang.

Baca Juga: Pengacara Tetap Tak Percaya Bharada E Bunuh Brigadir Yoshua

Baca Juga: Belum Ditemukan, Pencarian 4 Orang Korban Banjir Bandang Torue Ditutup

Sepanjang pelayaran menyusuri danau Matano, kami dapat melihat airnya yang jernih membiru seperti lautan hampir tak ditemukan sampah plastik terombang-ambing dipermukaan danau.

Dipinggiran danau kita juga dapat melihat pemandangan hijau hutan yang rimbun membentang luas diperbukitan melengkapi keindahan Danau Matano.

Setelah melakukan pelayaran selama 35 menit, kami sandar dipulau kecil ditepian danau, pulau Kucing namanya, ada sekitar 4 pulau kecil disitu. Pulau itu adalah salahsatu spot wisatawan untuk mandi-mandi, snorkeling melihat keindahan bawah danau yang hidup anera ragam jenis ikan indemik.

Pulau kucing Danau Matano (FOTO: BAND)

Airnya yang tenang, jernih dan dangkal di Pulau Kucing ini memang pas untuk berenang dan snorkeling melihat pemandangan bawah danau. Seperti ikan Lohan, Botini, Bawel, ikan Patin, Agau ikan Lele Patin. Dan banyak jenis ikan indemik lainnya yang hidup didasar danau..

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X