• Minggu, 27 November 2022

Malam Ini 47 Tahun lalu, 7 Pahlawan Revolusi Dibantai PKI, Inilah Malam Jahanam, Simak Sejarahnya untuk Kaum

- Kamis, 29 September 2022 | 18:20 WIB
Tugu Monumen G 30 SPKi Pahlawan Revolusi (Foto: Ist)
Tugu Monumen G 30 SPKi Pahlawan Revolusi (Foto: Ist)

METRO SULTENG-Peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G-30-S) merupakan tragedi nasional paling memilukan dalam sejarah Indonesia modern. Para sejarawan sering melabeli peristiwa tersebut sebagai ”malam jahanam”.

Peristiwa G-30-S ditandai dengan proses penculikan dan pembunuhan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI-AD (Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat).

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia dan bahkan sejarah dunia, 6 jenderal meninggal dalam satu malam tanpa adanya perang dahsyat dan pertempuran hebat.

Akibat wafatnya para jenderal TNI-AD itu, selama tiga bulan berikutnya (Oktober, November, dan Desember 1965) terjadilah tindak balas, yakni penangkapan dan pembunuhan besar-besaran terhadap pimpinan dan anggota PKI (Partai Komunis Indonesia) atau mereka yang dituduh bersimpati kepada PKI.

Baca Juga: Persiapan Operasi Skala Besar Polda Sulteng Dimulai Oktober 2022, Sasar Pengguna Kendaraan

Para pengamat Barat sering menggambarkan peristiwa tersebut sebagai the killing field, khususnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sumatra Utara, dengan korban jiwa mencecah antara 500.000-1 juta.

Akibat wafatnya para jenderal TNI-AD itu pula, selama tiga bulan pada tahun berikutnya (Januari, Februari, dan Maret 1966), mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi terkenal melakukan demonstrasi jalanan.

Mereka menuntut agar PKI dibubarkan dan harga-harga diturunkan. Mahasiswa yang paling radikal bahkan menuntut agar Presiden Soekarno juga diadili karena dipandang ikut bertanggung jawab terhadap tragedi nasional pada ”malam jahanam” tersebut.

Pertarungan

Bagi generasi yang mengalami dan menyaksikan langsung, peristiwa G-30-S 1965 merupakan masalah eksistensi diri, to be or not to be.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X