• Minggu, 27 November 2022

Mengenang G30S PKI, Kisah Pemberontakan dan 7 Pahlawan Revolusi yang Gugur Dilubang Buaya

- Kamis, 29 September 2022 | 05:00 WIB
Tugu Monumen G 30 SPKi Pahlawan Revolusi (Foto: Ist)
Tugu Monumen G 30 SPKi Pahlawan Revolusi (Foto: Ist)

METRO SULTENG-Setiap tanggal 30 September, Bangsa Indonesia memperingati hari Gerakan 30 September pemberintakan Partai Komunis Indonesia (G30SPKI) yang membunuh 7 jendral yang kini dianugerahi sebagai pahlawan revolusi.

Sebutan pahlawan revolusi ternyata diberikan untuk orang-orang yang terlibat pada kasus Gerakan 30 September (G30S) yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Peristiwa G30SPKI

Peristiwa G30SPKI merupakan salah satu sejarah Indonesia yang terjadi karena adanya beberapa kelompok orang yang ingin mengubah Indonesia menjadi negara dengan sistem komunis.

Karena keinginanan itu, beberapa kelompok yang tergabung dalam Partai Komunis Indonesia (PKI) mencoba melakukan pemberontakan hingga adanya korban jiwa.

Peristiwa sejarah ini juga dikenal sebagai sebuah pengkhianatan yang besar pada bangsa Indonesia dan terjadi pada malam pergantian tanggal 30 September menuju 1 Oktober 1965.

Baca Juga: Profil Johanis Tanak, Pejabat KPK Pengganti Lili Pintauli, Pernah Jabat Kajati Sulteng Usut Korupsi Eks Gub

Tragedi ini pun melibatkan Pasukan Cakrabirawa yang mendapat serangan dari PKI.

Serangan yang dilakukan itu bertujuan untuk menurunkan Pak Soekarno yang merupakan pemimpin Indonesia pertama.

Pemberontakan dengan menurunkan Presiden Soekarno dianggap menjadi salah satu jalan untuk mengubah sistem pemerintahan Indonesia.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X