• Senin, 5 Desember 2022

Profil Johanis Tanak, Pejabat KPK Pengganti Lili Pintauli, Pernah Jabat Kajati Sulteng Usut Korupsi Eks Gub

- Rabu, 28 September 2022 | 19:49 WIB
Johanis Tanak
Johanis Tanak

METRO SULTENG-Johanis Tanak
terpilih pengganti Lili Pintauli sebagai kominioner KPK dalam pemilihan yang dilakukan anggota Komisi III DPR RI, Rabu (28/9).

Johanis Tanak diketahui memiliki latar belakang sebagai jaksa. Pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah.

Jabatan terakhir ini, Johanis Tanak adalah Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara.

Johanis mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Ia juga mendapat gelar Doktor Hukum dari Universitas Airlangga.

Selain Kajati Sulteng, Johanis juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi. Ia pun pernah menjadi Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

Pada tahun 2019, Johanis ikut dalam seleksi calon pimpinan KPK. Namun, ia tak lolos usai mendapatkan nol suara di DPR.

Nama Johanis Tanak kemudian diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli. Johanis Tanak bersaing dengan I Nyoman Wara.

Saat menjalani fit and proper test di DPR, Johanis Tanak menyoroti pentingnya pencegahan dalam upaya pemberantasan korupsi.

Dia menceritakan pengalamannya kerap memberikan sosialisasi saat masih menjabat kejati.

Dia mengaku saat menjadi Kepala Kejaksaan tinggi di Sulawesi Tengah dan kepala kejaksaan tinggi di Jambi, saya pasti mendatangi pemerintah daerah.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X