• Minggu, 5 Februari 2023

Wabup Tojo Una-Una Ilham Lawidu Koordinasikan Pengelolaan Dana Desa Bersama Kemendes

- Selasa, 6 Desember 2022 | 20:01 WIB
Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, melakukan koordinasikan optimalisasi pengelolaan pemanfaatan dana desa ke Kementerian Desa,
Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, melakukan koordinasikan optimalisasi pengelolaan pemanfaatan dana desa ke Kementerian Desa,

METRO SULTENG-Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, melakukan koordinasikan optimalisasi pengelolaan pemanfaatan dana desa ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,dan Transmigrasi (PDTT) RI, Selasa (06/12/2022).

Kunjungan koordinasi dipimpin Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu, anggota DPRD Makmur Amudaiya, Sekda Sovianur Kure serta sejumlah OPD lingkup Pemda Touna diterima oleh Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Lemendes PDTT RI Luthfy Lathief.

Baca Juga: Sengketa Lahan PT ANA, Ridha Saleh: Semua Pihak Menyambut Baik, Insya Allah Segera Clear

Wabup Touna Ilham Lawidu mengatakan, pengelolaan dana desa menjadi kunci pertumbuhan ekonomi skala desa jika dana desa dikelola secara baik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban. Maka berbagai potensi ekonomi di desa akan tumbuh dengan baik.

Sambung Wabup, sumber pendapatan desa tidak hanya berasal dari APBN saja, tetapi juga berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD, bantuan sosial maupun pendapatan asli desa (PAD).

"Dana Desa harus dikelola, dimanfaatkan, serta di realisasikan dengan sebaik mungkin, sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi di desa dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," tandasnya.

Baca Juga: Listrik di Morowali Utara Jadi Perbincangan Hangat, PLN Beberapa Kali Didemo

"Nah tugas kita bagaimana memanfaatkan potensi desa melalui dana dan segala sumber kekayaan desa dengan sebaik-baiknya untuk mendorong perputaran ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan warga desa".

Wabup berharap, pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa, sesuai ketentuan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik.(Linda Prokopim)

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X