• Minggu, 5 Februari 2023

Sejarah Singkat Terbentuknya Kabupaten Morowali, Berawal dari Gigihnya Perjuangan Masyarakat Bungku

- Senin, 5 Desember 2022 | 06:30 WIB
Mesjid tua bungku,pada masa lampau
Mesjid tua bungku,pada masa lampau

METRO SULTENG- Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah hari ini 5 Desember 2022 merayakan hari jadinya yang ke 23. Morowali merupakan kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran wilayah Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan Undang-undang RI Nomor 51 Tahun 1999.

Kabupaten Morowali merupakan salah satu dari sembilan kabupaten dan satu kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Festival Kepulauan Togean Masuk Agenda Karisma Iven Nusantara Menteri Pariwisata RI Tahun 2023

seperti dikutip dari berbagai sumber, sejarah perjuangan untuk melahirkan Kabupaten Morowali sudah lama tumbuh dan menggelora di hati masyarakat.

Aspirasi tersebut terus berkembang yang kemudian sampai pada tingkat lahirnya kemampuan politik dari wakil-wakil rakyat di lembaga DPRD dengan dicetuskannya Resolusi DPRD-GR Provinsi Sulawesi Tengah nomor: 1/DPRD/1966 yang isinya meminta kepada Pemerintah Pusat agar Provinsi Sulawesi Tengah dimekarkan menjadi 11 (sebelas) daerah otonom tingkat II, yaitu 2 (dua) Kotamadya dan 9 Kabupaten, salah satu diantaranya adalah Kabupaten Morowali (waktu itu masih disebut Mori Bungku).

Baca Juga: Open Turnamen AH Cup di Morowali Diikuti 35 Klub Sepak Bola, Bupati Minta Para Suporter Junjung Sportifitas

Sejarah perjuangan panjang ini ternyata tak pernah mengenal akhir, sehingga begitu masa reformasi, peralihan orde baru ke masa reformasi saat ini, di mana kebebasan demokrasi lebih digaungkan sebagai konsep pemerintahan, dengan kemudian diterapkannya konsep pemerintahan desentralisasi, yang diwujudkan melalui kebijakan otonomi daerah ditingkat Kabupaten, dimana Kabupaten diberi porsi yang lebih besar lagi untuk mengatur daerahnya sendiri.

Maka semakin luaslah potensi bagi terbentuknya daerah Kabupaten baru. Oleh karena itu moment ini direspon oleh masyarakat seluruh lapisan di daerah Morowali untuk memperjuangkan kembali aspiral lamanya, yakni pembentukan Kabupaten Poso.

Baca Juga: Live Streaming Prancis vs Polandia Malam Ini Piala Dunia 2022 pukul 22.00 WIB, Polandia Tak Bisa Diremehin

Dan akhirnya perjuangan dan aspirasi masyarakat daerah ini berhasil, yakni dengan keluarnya kebijakan Pemerintah Pusat untuk membentuk daerah Morowali, berdiri sebagai Kabupaten sendiri, yang diberi nama Kabupaten Morowali, berdasarkan hasil pemikiran dan kesepakatan seluruh lapisan masyarakat.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X