• Minggu, 5 Februari 2023

Festival Kepulauan Togean Masuk Agenda Karisma Iven Nusantara Menteri Pariwisata RI Tahun 2023

- Minggu, 4 Desember 2022 | 18:47 WIB
Pulau Malenge (Foto : Togean paradise)
Pulau Malenge (Foto : Togean paradise)

METRO SULTENG-Pemerintah Kabupaten Tojo Una una, Sulawesi Tengah dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, melaksanakan paparan Karisma Ivent Nusantara termasuk Festival Kepulauan Togean yang diagendakan pada tahun 2023.

Sekda Touna Sovianur Kure, mengatakan, dari 250 event yang masuk di Kementrian Pariwisata dan dikorasi menjadi 150 iven yang akan di tetapkan menjadi Karisma Iven Nusantara. Dimana di Sulteng ada empat iven yang diusulkan termasuk Festival Kepulauan Togean.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Awan Panas Hingga 17 Km Dari Puncak Membumbung Tinggi Selimuti Lumajang

"Kami menjelaskan tujuan pelaksanaan iven untuk tahun 2023 mendatang dalam merangka meningkatkan kunjungan wisatawan, menciptakan lapangan kerja baru, ekonomi masyarakat lebih baik dan mengajak masyarakat lebih tau prinsip-prinsip konservasi serta perlindungan, " jelas Sovianur, Minggu.

Pihaknya berharap untuk event kedepan akan ada kolaborasi event bersama, dari pemerintah kabupaten, provinsi dan organizer.

Baca Juga: Ini Harga Terbaru Samsung Galaxy A73 5G Desember 2022, Ponsel Menggunakan Gorilla Glass untuk Perlindungan

"Dari rangkaian event yang kami rencanakan tahun depan mulai dari bulan Mei kita akan melibatkan komonitas-komonitas lingkungan, seni dan olah raga. Nantinya kita bagi dua, dari pra iven dan mic event, sampai ditanggal 11 Juni tahun 2023 mendatang," imbuhnya.

Yang akan ditonjolkan dalam iven nantinya ritual baambai dan bapongka. "Nantinya kita akan melibatkan wisatawan untuk merasakan sensasi kehidupan suku bajo di atas laut dengan menangkap ikan dan juga ada beberapa pertujukan yang kita tampilkan," tutupnya.***

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X