• Jumat, 30 September 2022

Wujudkan Satu Data Indonesia : Diskominfo Tojo Una-una Gelar Sosialisasi Api-Dada dan perSADA

- Senin, 19 September 2022 | 21:52 WIB
Diskominfo Kabupaten Tojo Una-una, saat menggelar launching dan sosialisasi aplikasi data sektoral daerah (Api-DADA) dan portal satu data daerah (perSADA) (Foto : Candra Lubah)
Diskominfo Kabupaten Tojo Una-una, saat menggelar launching dan sosialisasi aplikasi data sektoral daerah (Api-DADA) dan portal satu data daerah (perSADA) (Foto : Candra Lubah)

METRO SULTENG, Tojo Una-una - Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, menggelar launching dan sosialisasi aplikasi data sektoral daerah (Api-DADA) dan portal satu data daerah (perSADA) dengan mengangkat tema “Penguatan Pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Tojo Una-una Tahun 2022,” Senin (19/9/2022).

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tojo Una-una, H. Rusmin Labudu, S.Sos, M.Si, mewakili Bupati Tojo Una-una mengatakan, Peraturan Presiden (Perpres) No 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, sangat jelas bahwa program satu data merupakan program pemerintah untuk mengatur tata kelolah data dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.

Kata Rusmin, keberhasilan pelayanan di OPD juga dapat dilihat dengan tersediannya data-data yang valid dan akurat. Sebab penyelengaraan pelayan yang baik adalah dapat memberikan satu data yang baik, dan tujuan atau pengunaan data itu dilandasi dengan jaminan kepastian bagi penerima pelayanan.

“Pelayanan menggunakan satu data sangat diperlukan oleh kita semua, terutama di bagian pelayanan publik. Sebab itu, program satu data ini, kita sosialisasikan bersama,” imbaunya.

Sosialisasi Api-DADA dan perSADA (Foto : Candra Lubah)
Rusmin juga menekankan agar seluruh OPD mendukung penuh pelaksanaan kegiatan statistik sektoral. Dan setiap OPD disarankan membentuk agen data di setiap satuan kerja masing-masing karena dengan adanya komitmen dalam penguatan data sektoral akan mendukung pembangunan daerah.

Karenanya, Rusmin meminta untuk mengimplementasikan portal satu data, seluruh OPD harus melakukan koordinasi dan komunikasi dalam forum satu data kabupaten.

Ia juga menegaskan terkait data harus memiliki acuan yang jelas, akurat, mutahir, terpadu dan dapat dipertangungjawabkan. Dan yang paling terpenting data muda diakses, dapat dibagi untuk digunakan dalam era transparansi, serta dapat mendukung sistem stastistik secara nasional.

“Alangkah baiknya program satu data ini dilaksanakan di semua OPD dan satuan kerja. Dengan begitu, kita akan punya bunker data yang akurat, mutahir dan bisa dipertanggungjawabkan. Kita sadari bersama, data yang baik akan memberikan bahan masukan kepada kita semua untuk menentukan kebijakan, terutama standar data secara sektoral menuju sistem stastistik nasional,” harapnya. *(Candra Lubah)

Baca Juga: Langgar Kode Etik, Tiga Anggota Polres Morowali Utara Sulteng Dipecat Tidak Hormat

Baca Juga: Sejumlah Sapi di Petasia Timur Morowali Utara Mati Mendadak, Ini Ciri-ciri Penyakitnya

Halaman:

Editor: Abd Rahman M. Djafar

Tags

Terkini

559 Unit Huntap Talise Dimulakan Pembangunannya

Senin, 26 September 2022 | 14:29 WIB
X