• Minggu, 27 November 2022

Pemda Poso Terima Kunker Pemda Lutim, Bahas Penataan Daerah Perbatasan

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:04 WIB
Kepala Bapelitbangda, Drs. Dohri AS’ Ari  bersama Pj Sekda Poso Fritsam Purnama
Kepala Bapelitbangda, Drs. Dohri AS’ Ari bersama Pj Sekda Poso Fritsam Purnama

METRO SULTENG-Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Poso, Sulteng, dalam rangka membahas tentang Pola Ruang Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.

Rombongan Lutim dipimpin oleh Kepala Bapelitbangda, Drs. Dohri AS’ Ari, Ketua Pansus Revisi RT/RW Kabupaten Luwu Timur, KH. Suardi Ismail S, Fil, dan beberapa Staf Pansus.

Bertempat di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Frits Sampurnama, mewakili Bupati Poso, dr. Verna G. M. Inkiriwang bersama Kepala OPD lingkup Poso, menerima kunker rombongan dari Luwu Timur, Senin (29/08/2022).

Baca Juga: Daerah Penghasil Nikel di Indonesia Simpan 30 Persen Cadangan Nikel Dunia, Jadi Rebutan Investor Asing

Kepala Bappelitbangda, Dohri As’ari mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa, pembahasan tentang pola ruang ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, Pasal 25 ayat 2 poin F, Bahwa penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten harus memperhatikan Rencana Tata Ruang Kabupaten yang ada di wilayah perbatasan.

Baca Juga: Indonesia Bisa Jadi Pemain Utama Industri Mobil Listrik Dunia

“Point penting dalam pembahasan ini memaduserasikan rencana pola ruang dan struktur ruang pada kabupaten berbatasan agar tidak terjadi ketimpangan kebijakan dalam mengelola ruang yang ada di wilayah kabupaten perbatasan, juga menciptakan keterpaduan program kerja sama daerah dalam rangka pemanfaatan dan pengendalian ruang wilayah berbatasan,” beber Dohri.

Sementara Pj. Sekda Poso, Frits Sampurnama mengungkapkan bahwa, pembahasan hari ini merupakan syarat utama setiap daerah untuk melakukan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah, baik di Kabupaten Poso maupun yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Baca Juga: CPM Kembali Temukan Kandungan Emas di Blok Poboya Menjadi 21,7 Juta Ton

Kesimpulan hari ini telah disepakati bersama pola ruang antar Pemerintah Kabupaten Poso dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menjadi syarat utama dalam mengajukan persetujuan Substansi untuk pembahasan lintas sektor di Kementrian Agraria Tata Ruang dan PPR,” jelas Frits Sampurnama.(ikp--sp)

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X