Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui Sungguh Dahsyat

- Sabtu, 11 Maret 2023 | 06:06 WIB
Daun kelor
Daun kelor

METRO SULTENG-Tak hanya ibu hamil, manfaat daun kelor untuk ibu menyusui juga sudah lama dikenal di kalangan masyarakat. Beragam kandungan nutrisi di dalamnya diketahui dapat meningkatkan produksi ASI, sehingga baik untuk tumbuh kembang buah hati.

Secara umum, ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalori untuk memenuhi asupan nutrisi harian dan memastikan produksi ASI tetap lancar.

Ketahui 5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Untuk menambah asupan nutrisi tersebut, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyuusi, seperti nasi merah, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, serta buah dan sayuran, termasuk daun kelor.

Daun kelor (Moringa oleifera) diketahui mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Tak hanya itu, daun kelor juga mengandung asam amino dan antioksidan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Baca Juga: Cara Alami Agar Cepat Hamil Dalam Waktu Satu Minggu, Lakukan Lima Langkah Ini Untuk Pasangan Suami Istri

Beragam Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui
Karena kandungan nutrisinya, manfaat daun kelor untuk ibu menyusui pun beragam seperti dinukil dari alodokter berikut, di antaranya manfaaf daun kelor untuk ibu hamil :

1. Melancarkan produksi ASI

Daun kelor telah lama dikenal sebagai makanan pelancar ASI. Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui ini berasal dari kandungan senyawa fitolesterol yang dapat merangsang dan melancarkan produksi ASI.

Selain mengonsumsi daun kelor, Busui juga disarankan untuk lebih sering menyusui Si Kecil atau memompa ASI untuk memperlancar produksi ASI.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat merawat buah hati, terutama beberapa minggu pertama setelah dilahirkan, Busui mungkin sering terbangun di malam hari atau begadang untuk menyusui maupun mengganti popoknya. Perubahan rutinitas ini tentu memerlukan daya tahan tubuh yang lebih kuat agar Busui tidak mudah sakit dan lelah.

Nah, agar daya tahan tubuh tetatp terjaga, Busui dapat mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti daun kelor. Selain untuk meningkatkan imunitas, manfaat daun kelor untuk ibu menyusui juga dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selama menyusui, Busui berisiko kehilangan kepadatan massa tulang dan terkena osteoporosis. Untuk mencegah terjadinya kondisi ini, Busui dapat mengonsumsi daun kelor yang kaya akan kandungan kalsium. Daun kelor juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X