• Senin, 5 Desember 2022

Perangi Narkoba, Bidpropam Polda Sulteng Lakukan Tes Urine Pada Personel Polres Morowali Utara

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:26 WIB
Kabid Propam Polda Sulteng, Kombes Pol Ian Rizkian Milyardin saat mengawasi pemeriksaan tes urine personel Polres Morowali Utara, Kamis 6 Oktober 2022 (Foto : istimewah)
Kabid Propam Polda Sulteng, Kombes Pol Ian Rizkian Milyardin saat mengawasi pemeriksaan tes urine personel Polres Morowali Utara, Kamis 6 Oktober 2022 (Foto : istimewah)

METRO SULTENG - Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Kombes Pol Ian Rizkian Milyardin, melaksanakan penegakkan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) kepada seluruh personel Polres Morowali Utara.

Pelaksanaan Gaktibplin ini ditandai dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Kabid Propam selaku Ketua Tim Supervisi Bidpropam Polda Sulteng, dan didampingi Kapolres Morowali Utara, AKBP Ade Nuramdani serta Kepala Seksi (Kasi) Propam Polres Morowali Utara, Ipda Deni Robert Raitama, bertempat di Lapangan apel Polres Morowali Utara, Kamis (6/10/2022).

Dalam penyampaian apel, Kabid Propam menekankan kepada seluruh personel Polres Morowali Utara, agar bekerja berpedoman dengan aturan yang berlaku dan melaksanakan tugas sesuai SOP (Standard Operating Procedure atau prosedur operasional standar). Apalagi, di era perkembangan teknologi saat ini, Polri diharapkan untuk bijak bermedia sosial.

Selain itu, Kabid Propam juga tekankan agar personel Polri khususnya Polres Morowali Utara dan jajaran agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Untuk Narkoba, saya harap tidak ada personel Polres Morowali Utara dan jajaran yang terindikasi dalam penyalahgunaan narkoba. Tidak ada toleransi bagi personel yang terlibat narkoba, baik itu sebagai pemakai, apalagi sebagai pengedar. Seluruh pelanggaran terkait narkoba akan disidang melalui KKEP atau Komisi Kode Etik Polri, dan sanksi terberat akan direkomendasikan PTDH," tegas Kombes Pol Ian Rizkian Milyardin.

Usai arahan, dilanjutkan dengan pelaksanaan Gaktibplin. Gaktibplin ini tidak hanya ditujukan kepada Bintara Polri, tetapi juga terhadap Perwira di Polres Morowali Utara, yang dimulai dari pemeriksaan kelengkapan surat menyurat indentitas diri. Kemudian, surat ijin kepemilikan senjata api dan sikap tampang personel. Pemeriksaan ini ditangani langsung oleh Tim Bidpropam Polda Sulteng, dan dibantu oleh personel Sipropam Polres MorowaliUtara.

Selain pemeriksaan diatas, tim juga melakukan tes urine narkoba dengan pengawalan ketat personel Propam Polda Sulteng dan Polres Morowali Utara, serta diawasi langsung oleh Kabid Propam Kombes Pol Ian Rizkian Milyardin dan Kapolres AKBP Ade Nuramdani, untuk menghindari sabotase dan kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh anggota saat pengambilan urine.

Dari hasil pemeriksaan urine, tidak ditemukan personel Polres Morowali Utara yang positif menggunakan narkoba. Namun masih ditemukan personel yang memiliki rambut panjang, sehingga dilakukan penindakkan dengan menggunting rambut personel yang punya rambut panjang.

Untuk diketahui, tes urine terhadap personel Polri menjadi komitmen utama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memerangi peredaran narkoba, khususnya di lingkungan Polri. Sehingganya, tes urine narkoba menjadi agenda rutin tahunan sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian di bidang pembinaan serta penegakan disiplin anggota Polri. ***

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

Oknum ASN Dinas Perindagkop Donggala Digugat ke PN Palu

Selasa, 29 November 2022 | 06:05 WIB
X