Dana PEN Morut Rp 200 Miliar, Diingatkan Jangan Salah Sasaran

- Selasa, 1 November 2022 | 22:38 WIB
Dana pinjaman PEN Morut diharapkan tepat sasaran. (foto:ilustrasi)
Dana pinjaman PEN Morut diharapkan tepat sasaran. (foto:ilustrasi)

METRO SULTENG - LSM Nusantara Corruption Watch (NCW) menilai kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara terkait pinjaman dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) sebesar Rp 200 miliar, terkesan salah sasaran. Ini seharusnya jangan sampai terjadi. 

"Dana PEN yang turun di Kabupaten Morowali Utara berkisar Rp 200 miliar adalah pinjaman dalam rangka pemulihan ekonomi bagi daerah yang pernah terdampak Covid-19. Namun realitanya, dana PEN justru dominan diarahkan ke kegiatan fisik," terang Direktur LSM NCW Sulawesi Tengah, Anwar Hakim, Selasa (1/11/2022).

Baca Juga: Pelajar di Morut Dibagikan Buku Pedoman Berlalu Lintas

Menurut Anwar Hakim, sebagaimana dasar dan regulasinya, kegiatan yang dananya bersumber dari dana PEN, sangat jelas peruntukannya. Diatur dalam Permendagri maupun Peraturan Menteri Keuangan, dalam pelaksanaan kegiatan yang bersumber dana PEN, kenapa justru kegiatan fisik melulu.

Anwar menduga, sengaja kegiatan fisik dibiayai karena mengarah kepada modus adanya fee. Ini sangat jelas ada kepentingan.

"Bayangkan saja kalau satu kegiatan proyek berskala besar, dengan pagu Rp 5 miliar sampai Rp 15 miliar. Fee-nya berapa memang itu,"duganya.

Baca Juga: Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi : Industri Yang Tidak Pernah Habis Adalah Industri Pariwisata

Anwar juga pesimis kegiatan fisik tidak akan mungkin selesai sesuai kontrak. Sebab waktunya sudah mepet, yakni sudah di penghujung tahun 2022.

Tak hanya itu, Anwar Hakim juga menyebut, dari pantauannya di lapangan, masih ada kegiatan fisik yang didanai PEN, bobot pekerjaannya diduga belum mencapai 50 persen. Sehingga NCW khawatir akan berpotensi jadi atensi polisi, jaksa hingga KPK.

Hal yang sama diutarakan tokoh masyarakat Morut Moh.Asrar Abd Samad. Ia menilai pinjaman dana PEN untuk pemulihan ekonomi, sebaiknya lebih banyak mengarah kepada kegiatan bansos.

Halaman:

Editor: Icam Djuhri

Tags

Terkini

Sepatu Air Jordan 11 CMFT Dalam Warna Knicks-Friendly

Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:52 WIB
X