• Senin, 5 Desember 2022

Perkuat Ketahanan Pangan, IMIP Resmikan Balai Latihan Pertanian di Morowali

- Selasa, 27 September 2022 | 19:23 WIB
IMIP), meresmikan balai pelatihan pertanian Kelompok Tani Berkah Mombula Desa Lele, Bahodopi,
IMIP), meresmikan balai pelatihan pertanian Kelompok Tani Berkah Mombula Desa Lele, Bahodopi,

METRO SULTENG- PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), meresmikan balai pelatihan pertanian Kelompok Tani Berkah Mombula Desa Lele, Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (27/9/2022). Balai ini digadang-gadang sebagai wadah pelatihan bagi masyarakat sekitar dalam pengembangan pertanian berkelanjutan di Bahodopi.

Direktur Operasional IMIP">PT IMIP, Irsan Widjaja mengatakan, program seperti ini (pertanian berkelanjutan) sangat dibutuhkan di wilayah Morowali. Saat ini, kata dia, kita dituntut untuk tidak lagi hanya memikirkan industri semata. Melainkan juga memikirkan kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar wilayah industri.

Baca Juga: Usulan Pemekaran Kabupaten Kepulauan Togean Masuk dalam Agenda Pembahasan Banmus DPRD Sulteng

Baca Juga: BNPT Resmikan KTN Seluas 7 Ha di Morowali untuk Program Asimilasi Mitra Deradikalisasi Bersama Warga

"Kedepan, banyak sekali industri baru yang akan berkembang di wilayah kita ini. Jadi, sektor pertanian ini pasti akan terserap. Pada angka 60-70 %, kita menggunakan komoditi pertanian. Selebihnya daging dan komoditi lainnya. Saya jaminkan, seluruh produksi pertanian, yang ada di wilayah-wilayah Kabupaten Morowali ini, pasti terserap," kata Irsan Widjaja.

Harapannya, lanjutnya lagi, para petani tidak lagi ragu oleh kondisi pasar. Marketnya pasti ada. Apalagi, kata Irsan Widjaja, dengan melihat secara langsung apa yang telah dilakukan oleh masyarakat di sini (Desa Le-Le), kedepan akan sangat cerah. Semoga ini akan berkelanjutan di desa lainnya.

Baca Juga: Skuter Matik Retro Garapan Yamaha Fino 2022 Hadir dalam 3 Varian yang Cantik dan Menggemaskan

Baca Juga: Ertiga Versi Baru Mengaspal di Asia, Diperbarui Dengan Layar Sentuh Lebih Besar, Kamera 360 Derajat

Di tempat yang sama, Kepala Desa Le-Le, Junaedin mengatakan, hari ini masyarakat telah membuktikan bahwa usaha-usaha di bidang pertanian juga dapat dikembangkan. Hasil dari itu, kata dia, tentu saja pada akhirnya akan mensupport kebutuhan permintaan komoditi pertanian di industri.

"Kita berharap, langkah awal yang telah dilakukan oleh kelompok tani Berkah Mombula ini, bisa menyebar ke kelompok tani lain yang ada di Desa Le-Le. Khususnya mereka (kelompok tani) yang berada di 12 desa lingkar industri IMIP">PT IMIP. Apalagi, di sini juga telah ada training hall yang dapat digunakan sebagai wadah diskusi masyarakat petani," kata Junaedin.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X