• Jumat, 9 Desember 2022

Respon Positif KPN, Masyarakat Talaga Dampelas Minta Dilibatkan Kedepannya

- Minggu, 25 September 2022 | 22:03 WIB
Akses Jalan Perkebunan Masyarakat Dampelas (Foto:Ist)
Akses Jalan Perkebunan Masyarakat Dampelas (Foto:Ist)

METRO SULTENG - Masyarakat Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Donggala, memberi respon positif atas kehadiran Kawasan Pangan Nusantara (KPN).

Pasalnya, sebelum ada KPN, masyarakat sulit untuk menempuh perjalanan ke lokasi pertanian/perkebunan mereka. Ditambah lagi, biaya angkut hasil komoditas pertanian masyarakat cukup mahal.

Baca Juga: Tim Transisi KPN Sulteng, Tegas Akan Jaga Ekosistem Danau Talaga dan Hutan Lindung

"Untuk ongkos, satu kali angkat 50 ribu, karena belum ada akses jalan masuk yang bagus. Sehingga harus dipikul lagi," ujar Rahton, warga setempat, Minggu (25/9/2022).

Selaku masyarakat setempat, Rahton mengatakan bahwa kehadiran KPN memberikan kemudahan bagi mereka, baik akses jalan maupun pendapatan ekonomi.

Baca Juga: Intip Ketangguhan Hyundai Tucson XRT 2022 Yang baru Diluncurkan! Bikin Ngiler!

Sebab, setelah adanya proyek tersebut kawasan jalur pertanian/perkebunan dibuka oleh pemerintah. Sehingga hal ini membantu masyarakat sekitar.

" Kalau dulu kita bayar 50 ribu sekali angkut, tapi sekarang sudah 15 ribu. Ini karena adanya proyek KPN dan membuka jalan akses ke lokasi pertanian masyarakat," katanya.

Baca Juga: Listrik PLN di Morowali Utara, Ibarat Penyakit Kronis Sulit Disembuhkan

Disisi lain, kata Rahton, masyarakat tidak kesulitan lagi untuk mengambil air untuk keperluan pertanian. Karena sudah ada penyediaan pipa air di lokasi perkebunan.

Halaman:

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

Aksi Alumni Akpol 1990 Bantu Korban Gempa Cianjur

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:41 WIB
X