• Selasa, 7 Februari 2023

Tata Cara Shalat Hajat, Waktu Yang Tepat, Niat dan Doa, Agar Keinginan Terkabulkan

- Kamis, 26 Januari 2023 | 05:05 WIB
Shalat (Sumber: istockphoto.com)
Shalat (Sumber: istockphoto.com)

METRO SULTENG-Tuntunan lengkap mengenai cara sholat Hajat beserta niat, doa, dalil dan waktu mengerjakan Sholat Sunnah ini. Sholat Hajat merupakan salah satu dari sekian Sholat Sunnah yang dilaksanakan untuk memohon kepada Allah Ta’ala agar mengabulkan hajat (Keinginan) seseorang.

Keinginan yang diminta dalam Sholat ini bisa berupa keberhasilan, jodoh, pekerjaan dan lainnya sejauh tidak keluar dari hukum Syariat Islam.

Jadi bagi siapapun yang memiliki hajat maka amat dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Hajat agar terkabul keinginannya.

Sholat Hajat merupakan ibadah yang dicontohkan dan perintahkan oleh Nabi besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Ali Wa Sallam.

Arti kata Hajat
Hajat (الحاجة) merupakan bahasa Arab yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah keinginan atau kehendak.

Dalil mengerjakan Sholat Hajat
Mengenai dalil Syar’i mengerjakan Shalat Sunnah Nafilah ini adalah dari Hadis yang diriwayatkan oleh ‘Utsman bin Hunaif sebagai berikut:

Seorang buta datang kepada Nabi lalu mengatakan, “Berdoalah engkau kepada Allah untukku agar menyembuhkanku.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Apabila engkau mau, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, apabila engkau mau, aku akan mendoakanmu.” Orang itu pun mengatakan, “Doakanlah.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu menyuruhnya untuk berwudhu dan memperbagus wudhunya serta shalat dua rakaat kemudian berdoa dengan doa ini, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafaatnya untukku.” [HR. Ibnu Majah no. 1385 dan Tirmidzi no. 3578. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih].

Dari al-Hadis ini kita mendapati pesan kuat mengenai keutamaan dari Sholat Hajat yang akan mengabulkan doa hambaNya yang memiliki kebutuhan dengan berwudhu dengan benar kemudian melakukan Shalat Sunnah dua rakaat.

Selain keutamaan yang dapat mengabulkan hajat bagi yang mengerjakan, Sholat ini juga akan semakin mendekatkan hamba kepada Sang Khalik.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Kandungan Surat Muhammad, Keutamaan Serta Manfaatnya

Minggu, 5 Februari 2023 | 05:00 WIB
X