• Selasa, 7 Februari 2023

Pemda Tojo Una Una Bahas Peraturan Bersama Kades Pendirian BUMDes dari Pengelolaan DBM eks PNPM-Mandiri

- Rabu, 18 Januari 2023 | 07:00 WIB

METRO SULTENG-Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, melaksankan musyawarah antara desa (MAD) terkait tranformasi pengelolaan dana bergulir masyarakat (DBM) eks PNPM Mandiri perdesaan menjadi BUMDes bersama, sekaligus pembentukan badan kerjasama antara desa (BKAD) tingkat Kecamatan Ampana Kota.

Musyawara antara desa (MAD) ini melibatkan inspektur daerah, Kepala Dinas PMD, Camat Ampana Kota, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa serta Ketua LPM yang dilaksanakan digedung pertemuan Dinas Pariwisata Touna, Selasa (17/01/2023).

Baca Juga: Sambut Pemilu 2024, Ketua KPU Hasyim Asy'ari Harap Masyarakat Jangan Baperan Agar Terwujud Demokrasi Damai

Sekda Touna Sovianur Kure dalam sambutanya menjelaskan, musyawarah antara desa dilaksanakan bertujuan untuk membahas dan menghasilkan peraturan bersama kepala desa pendirian BUMDes bersama dari pengelolaan kegiatan DBM eks PNPM-Mandiri perdesaan, peraturan bersama kepala desa dan anggaran dasar/anggaran rumah tangga BUMDes bersama dan kesepakatan pembubaran badan hukum, pengelolaan kegiyatan DBM eks PNPM-MPD apabila sudah dibentuk.

Baca Juga: Smelter Kembali Beroperasi, PT GNI Komitmen Rekrut Lagi Ribuan Tenaga Kerja Lokal

Dana bergulir masyarakat eks PNPM yang selanjutnya disebut DBM eks PNPM Mandiri perdesaan adalah seluruh dana yang bersumber dari pemerintah melalui bantuan langsung masyarakat PNPM Mandiri perdesaan yang dalam perkembangan dan pertumbuhannya diberikan kepada masyarakat, untuk kegiatan pinjaman bergulir sesuai mekanisme yang telah ditentukan.

Dengan adanya penetapan transformasi eks PNPM-MPD menjadi BUMDes aset yang dimiliki memiliki kepastian hukum kepemilik aset, otomatis menjadi milik masyarakat desa, sehingga membawa tatanan perekonomian diwilyah pedesaan menjadi lebih baik dan desa akan semakin cepat untuk mandiri, serta dana yang ada bisa dipertanggungjawabkan dan dinikmati seluruh masyarakat desa, sehingga tidak hanya kelompok teetentu yang terlibat dalam pengelolaan dana bergulir.

Baca Juga: Seiko Seri Sportura SKA509P1 Kinetic, Jam Tangan Olah Raga Yang Populer

"Untuk itu saya berharap musyawarah antara desa hari ini dapat berfungsi sebagai penguatan partisipasi masyarakat dalam konteks desa membangun," tutupnya.***

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X