9 Poin Rekomendasi Gubernur soal PT ANA: Verifikasi Dokumen Masyarakat Libatkan BPN, Dikawal Polisi dan Jaksa

- Rabu, 7 Desember 2022 | 08:29 WIB
Ridha Saleh, tenaga ahli Gubernur Sulteng yang membidangi Kemasyarakatan dan HAM. (foto: dok pribadi)
Ridha Saleh, tenaga ahli Gubernur Sulteng yang membidangi Kemasyarakatan dan HAM. (foto: dok pribadi)

METRO SULTENG - Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura, telah mengeluarkan surat rekomendasi terkait klaim lahan perkebunan sawit yang dikuasai PT Agro Nusa Abadi (ANA) di Kabupaten Morowali Utara. Klaim datang dari masyarakat yang mengaku sebagai petani sawit di kabupaten tersebut.

Surat rekomendasi Gubernur Sulteng bernomor: 590/412/SEKDAPROV. Ditandatangani di Palu tanggal 28 November 2022.

Baca Juga: Bank Sulteng Cabang Bungku Salurkan CSR Rp 316 Juta di Hari Jadi Morowali Ke-23

Adapun 9 poin rekomendasi tersebut, yaitu:

1. Bahwa dalam hal pelaksanaan verifikasi dan validasi, diharapkan kepada pihak Kejaksaan dan Kepolisian untuk dapat mengawal proses verifikasi dan validasi tersebut terhadap kepemilikan dokumen yang dimiliki oleh masyarakat, serta melakukan penertiban atas kepemilikan surat-surat yang tidak sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

2. Bahwa dalam hal melaksanakan verifikasi dan validasi diharapkan pihak BPN Kabupaten dan Provinsi untuk dapat terlibat aktif dalam memberikan saran dan pandangan sesuai peraturan yang berlaku.

3. Bahwa dalam hal pengusulan pelepasan lahan seluas kurang lebih 1.000 Ha, terlebih dahulu dilaksanakan verifikasi dan validasi oleh pemerintah Pemerintah Desa/Kepala Desa, serta berkonsultasi Tim sebelumnya yang telah dibentuk oleh Pemerintah Daerah Kabupaten pada tahun 2016.

4. Bahwa terhadap tanah yang telah diputuskan inkrah oleh pengadilan disarankan kepada PT Agro Nusa Abadi untuk dapat menyerahkan sesuai perintah pengadilan.

Baca Juga: Capaian IPM di Sulteng Tahun 2021 Terendah, Gubernur Target 2023 Harus Capai 69,87 Poin

5. Bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tidak akan membuka ruang untuk fasilitasi terhadap PT Agro Nusa Abadi, sebelum verifikasi dan validasi diselesaikan di tingkat desa dan kabupaten.

Halaman:

Editor: Icam Djuhri

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X