• Minggu, 5 Februari 2023

Pertemuan Petani dan Pemasok Bibit Sawit, Dinas Pertanian Morowali Utara Diminta Lancarkan Pembayaran

- Jumat, 30 September 2022 | 13:44 WIB
Bibit sawit CV. Bang Tani Maju yang siap tanam (Foto : istimewah)
Bibit sawit CV. Bang Tani Maju yang siap tanam (Foto : istimewah)

METRO SULTENG - Sejumlah pengurus kelompok tani sawit di Kecamatan Mori Utara, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah, melakukan pertemuan dengan CV. Bang Tani Maju Beteleme selaku penyedia bibit sawit bersertifikat untuk mengokohkan kesepakatan bersama dan menyukseskan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang didukung penuh oleh Bupati Morut, Delis J. Hehi.

Pertemuan silaturahim itu berlangsung di lokasi pembibitan sawit Bang Tani Maju Desa Beteleme, Kecamatan Lembo, pada Kamis (29/9/2022) kemarin, dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Pertanian Morut, Jasrion Ampugo mewakili Kadis Abbas Mato'ori, didampingi Direktur CV. Bang Tani Maju Beteleme, Agus Palunsu.

Kegitan tersebut dihadiri sejumlah pejabat pengawas dan analis Dinas Pertanian serta ketua dari lima kelompok tani sawit di Mori Utara yakni, Poktan Sumber Rejeki, Sumber Makmur, Loh Jinawi dan Gunung Kidul dari Desa Lembontonara serta Ketua Poktan Peasa Aroa Desa Tabarano.

Pertemuan ini membahas terkait kendala di lapangan sehingga terjadi keterlambatan realisasi pelaksanaan PSR, khususnya yang dialami Poktan Gunung Kidul dan Loh Jinawi Lembontonara.

"Keterlambatan penyaluran benih dari Bang Tani ke Poktan Gunung Kidu dan Loh Jinawi ini sebenarnya hanya kesalahpahaman saja yang ditimbulkan oleh pihak di luar Bang Tani dan kelompok tani," ujar Jasrion.

Sebenarnya, kalau kesalahpahaman ini segera dikomunikasikan yang baik, maka kebutuhan bibit bersertifikat untuk Gunung Kidul dan Loh Jinawi sudah terpenuhi seluruhnya hingga saat ini.

“Baik Bang Tani selaku penyedia benih bersertifikat satu-satunya di Morowali Utara maupun kelompok tani Gunung Kidul dan Loh Jinawi, telah sepakat melanjutkan kerja sama sesuai kontrak yang sudah disepakati. Bang Tani berjanji akan menyalurkan benih setelah benih yang ditanam sekarang disertifikasi oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Tengah,” tambah Jasrion.

Sementara Direktur CV. Bang Tani Maju Beteleme, Agus Palunsu mengatakan, pihaknya masih memiliki stok benih yang cukup besar, sekitar 30.000 pohon. Namun belum semuanya disertifikasi, sehingga belum bisa disalurkan seluruhnya kepada kelompok tani yang sudah mengikat kontrak dengan Bang Tani.

Kata dia, tahun 2022 ini, pihaknya bekerja sama dengan sembilan kelompok tani sawit di Mori Utara dan Mori Atas. “65 persen kebutuhan bibit sudah terpenuhi dan sudah ditanam petani,” sebut Agus.

Sambungnya, pihaknya juga masih harus memenuhi lagi kebutuhan benih untuk kelompok tani Gunung Kidul dan Loh Jinawi sebanyak 17.400 polibek dan 10.027 polibek untuk kelompok tani Sumber Rejeki, Sumber Makmur dan Peasa Aroa.

Halaman:

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X