• Jumat, 30 September 2022

Ratusan Buruh TKI Demo, Tuntut Perusahaan Tidak Semena-mena Bikin Aturan Sendiri

- Jumat, 23 September 2022 | 16:07 WIB
Ratusan buruh TKI yang tergabung dalam SPN demo di depan Kantor Bupati Morowali Utara, Minta PT GNI tidak semena-mena terhadap buruh Indonesia (Foto : istimewah)
Ratusan buruh TKI yang tergabung dalam SPN demo di depan Kantor Bupati Morowali Utara, Minta PT GNI tidak semena-mena terhadap buruh Indonesia (Foto : istimewah)

METRO SULTENG – Ratusan buruh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) menggelar demo di depan Kantor Bupati Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Kamis (22/9/2022).

Buruh yang tidak lain karyawan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) itu, juga melakukan aksi mogok kerja selama tiga hari mulai Kamis, 22 September sampai Sabtu, 24 September 2022.

Dalam demo tersebut, buruh menyampaikan sepuluh tuntutan. Pertama, buruh menuntut pihak perusaahan PT GNI wajib memberikan APD (alat pelindung diri) lengkap kepada setiap pekerja sesuai standarisasi jenis pekerjaan yang berisiko di lokasi kerja.

Kedua, buruh meminta penghapusan denda ganti rugi yang dibebankan kepada setiap pekerja jika mengalami kecelakaan kerja.

Ketiga, menuntun perusahaan (PT GNI) untuk membuat peraturan perusahaan yang jelas. Lantaran selama ini, peraturan kerja yang diterapkan diduga tidak ada kejelasan.

Keempat, menuntut perusaahan agar tidak memberlakukan aturan adanya pemotongan upah pokok dan tunjangan skill bagi pekerja yang izin atau sakit.

Kelima, menuntut PT GNI meningkatkan pelayanan di klinik perusahaan.

Keenam, mempertanyakan atas tidak diterimanya surat keterangan sakit (SKS) dari luar klinik perusahaan.

Ketujuh, menutut perusahaan PT GNI untuk tidak melakukan tindakan diskriminasi kepada pengurus dan anggota PSP SPN PT GNI dengan hanya memberikan kontrak kerja selama satu bulan dan tidak diperpanjang lagi masa kontraknya.

Kedelapan, menuntut agar pihak perusahaan menyetop Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PWKT) untuk pekerjaan yang bersifat tetap.

Halaman:

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

559 Unit Huntap Talise Dimulakan Pembangunannya

Senin, 26 September 2022 | 14:29 WIB
X