• Jumat, 30 September 2022

Rakor Timpora, Agfar Patanga Ingatkan Pentingnya Koordinasi dan Integritas Antar Instansi

- Minggu, 18 September 2022 | 19:31 WIB
Rakor Penguatan Timpora Tahun 2022, di Hotel Lawaka Kabupaten Tojo Una-una (FOTO : Candra Lubah)
Rakor Penguatan Timpora Tahun 2022, di Hotel Lawaka Kabupaten Tojo Una-una (FOTO : Candra Lubah)

METRO SULTENG, Tojo Una-una - Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tahun 2022, di Hotel Lawaka Kecamatan Ratolindo, Jumat (16/9/2022)

Bupati Touna yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Abd. Agfar Patanga, MH yang menghadiri sekaligus membuka Rakor Timpora mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Hukum dan HAM Nomor 50 Tahun 2016, Timpora memiliki tugas memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi atau lembaga pemerintahan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing.

“Pemda berharap agar Timpora dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa diketahui keberadaan orang asing yang ada di wilayah Kabupaten Tojo Una-una. Dan hal-hal lain yang menjadi fokus kita untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini,” ungkap Agfar Patanga.

Timpora juga diharapkan untuk senantiasa mengupdate data orang asing yang berada di Kabupaten Touna, apakah yang bekerja atau melakukan perjalanan wisata. Sehingga data tersebut dijadikan referensi visi dan misi pemda setempat yakni, mewujudkan Touna yang tangguh, maju, dan sejahtera.

“Sekali lagi saya tekankan, bahwa begitu pentingnya koordinasi dan integritas antar instansi karena mengingat pentingnya tertib administrasi keimigrasian. Dan hal ini tidak dapat dilakukan oleh salah satu instansi saja, namun perlu kerjasama dan sinergitas dari berbagai instansi berjenjang, melalui dari desa, kecamatan hingga kabupaten serta OPD terkait. Agar saling berkerjasama dalam mendata identitas dan kelengkapan administrasi orang asing di wilayahnya masing-masing,” ujar Agfar Patanga mengingatkan.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, Kepala Sub Bidang Intelejen Keimigrasian Kanwil Kemkumham Sulteng, Setijo Pamadi, SH dan Kepala Sub Seksi Penindakan, Rifki Pamaeriska, SH serta moderator Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai, Deitje Hakim, SH, MH. *(Candra Lubah)

Baca Juga: Rusuh Demo Tambang Emas Poboya Palu, Warga Bakar Alat Berat Perusahaan

Baca Juga: Menuju Pemilu 2024, Bawaslu Tojo Una-una Buka Rekrutmen Panwascam

Baca Juga: Mayat Dalam Posisi Tengkurap Ditemukan di Penginapan Kota Luwuk Banggai

Editor: Abd Rahman M. Djafar

Tags

Terkini

559 Unit Huntap Talise Dimulakan Pembangunannya

Senin, 26 September 2022 | 14:29 WIB
X