• Jumat, 30 September 2022

Dirasakan Manfaatnya, Program Inovasi Sabit Diapresiasi Warga Morowali Utara

- Sabtu, 17 September 2022 | 12:50 WIB
Tasrun saat menerima dokumen kependudukan mendasar yakni, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Surat Jaminan Pelayanan Kesehatan di RSUD Kolonodale (FOTO : istimewah)
Tasrun saat menerima dokumen kependudukan mendasar yakni, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Surat Jaminan Pelayanan Kesehatan di RSUD Kolonodale (FOTO : istimewah)

METRO SULTENG, Morowali Utara - Program “Sabit” (satu lahir lima terbit) yang diluncurkan Bupati Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah, Delis J. Hehi pada 12 September 2022 lalu di Kolonodale, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya untuk para ibu-ibu yang melahirkan.

Salah satu keluarga yang menerima manfaat dari program inovatif Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersama BPJS Kesehatan Morut ini adalah keluarga Tasrun. Yang mana isteri Tasrun melahirkan anak keempat pada Rabu 14 September 2022 kemarin di RSUD Kolonodale, saat kembali ke rumah setelah mendapatkan perawatan di RSUD, Tasrun langsung menerima lima dokumen kependudukan mendasar yakni, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Surat Jaminan Pelayanan Kesehatan.

Sekertaris Disdukcapil Morut, Desni R. Tobigo yang didampingi Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sherly Pede dan Kepala BPJS Kesehatan Morut, Zaldi yang menyerahkan langsung dokumen-dokumen tersebut kepada Tasrun.

“Kami ucapkan selamat kepada bapak Tasrun karena menjadi salah satu penerima pertama manfaat program Sabit yang diluncurkan Bupati Morut Delis J. Hehi pada dua hari sebelumnya,” ucap dr. Sherly Pede yang didampingi Zaldi dan Desni pada Tasrun.

Ke depan, kata Sherly, warga Morut yang lahir di faskes pemerintah akan langsung memberi lima dokumen kependudukan mendasar dan sangat penting yakni, Akte Kelahiran, KK, KIS, KIA dan Surat Jaminan Pelayanan Kesehatan.

“Jadi, pak Tasrun tidak perlu lagi repot kesana-kemari untuk mengurus surat-surat penting itu. Semua langsung disediakan setelah ibu bersalin dan kembali ke rumah,” jelas Zaldi, Kepala BPJS Kesehatan Morut.

Zaldi juga sangat mengapresiasi program bupati tersebut yang tentunya akan memberi manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat kalangan bawah.

Demikian cerita Tasrun saat ia menerima empat akta kependudukan dan satu kartu jaminan kesehatan.

Tasrun sebagai menerima manfaat program Sabit ini mengaku terharu dan tak menyangka bahwa pelayanan yang diberikan oleh Pemkab Morut dalam hal ini Bupati Delis melalui dinas terkait sangat membantu masyarakat terutama masyarakat kecil.

“Sebelumnya dua anak saya yang lahir, saya harus ke Dinas Dukcapil terlebih dahulu membawa beberapa berkas, kemudian ke BPJS untuk mendaftarkan dalam program “Morut Sehat.” Lalu membawa kartu tersebut kepada petugas di RS. Jadi cukup repot,” ujar Tasrun yang ditemui dikediamannya, Jumat (16/9/2022).

Halaman:

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

559 Unit Huntap Talise Dimulakan Pembangunannya

Senin, 26 September 2022 | 14:29 WIB
X