• Jumat, 7 Oktober 2022

8 Kades di Morowali Utara Studi Wisata di Carangsari Bali, Pulang Diharap Bisa Kembangkan Desa Wisata

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 20:38 WIB
Studi wisata 8 Kades dari Morut di Bali (FOTO: DOK MCDD)
Studi wisata 8 Kades dari Morut di Bali (FOTO: DOK MCDD)

METRO SULTENG - Para kepala desa dan sejumlah pejabat dari Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah, sangat terkesan setelah melihat langsung pengelolaan Desa Wisata Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

Kesan itu muncul setelah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dan peninjauan lapangan pada hari kedua di desa itu, Kamis. Desa Carangsari menjadi contoh sukses desa wisata dengan mengutamakan kearifan lokal dan partisipasi warga setempat.

Bimtek dan studi tiru pengembangan dan pengelolaan desa wisata berbasis masyarakat dan potensi lokal dilaksanakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Bali, 27-30 Juli 2020.

Ada delapan kepala desa dari Morut yang ikut kegiatan itu yakni semua kades di Kecamatan Petasia masing-masing Kades Koya, Gililana, Tanauge, Ganda-ganda, Korololaki, Korololama dan Koromatantu. Satu kades lainnya adalah kades Ungkea, Kecamatan Petasia Timur.

Baca Juga: Ini Jadwal Timnas U-16 Indonesia pada Babak Penyisihan Piala AFF U-16 2022

Baca Juga: 4 Daerah Diguncang Gempa Hari Ini 30 Juli 2022: Titik Lokasi Morowali hingga Ambon

Baca Juga: Tim SAR Temukan Organ Mata Dilokasi Banjir Bandang Parigi Moutong

Bupati Morut Delis Julkarson Hehi juga hadir bersama beberapa pejabat dari instansi terkait yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Destuber Matoori ST, M.Sc, dan Kadis Pariwisata Gatot Susilo Eko Budiyanto, S.Kom.

Selain itu, ikut pula Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Penyelenggaraan Administrasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Morut Charles Natanael Toha, Kabag Umum Drs. Noven Manantuada dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Herry Pinontoan, S.STP.

Pada peninjauan lapangan di Desa Carangsari, peserta mendapatkan penjelasan tentang keberhasilan Desa Carangsari menjadi desa wisata yang disampaikan oleh inisiator Desa Wisata Carangsari Ida Bagus Nama Rupa.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Komisi Informasi Sulteng Temui Kajati dan KPID

Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:53 WIB
X