• Minggu, 5 Februari 2023

Sepak Bola Bukan Lagi Hanya Sekedar Hiburan

- Senin, 5 Desember 2022 | 21:20 WIB
Adam Septian Nureza
Adam Septian Nureza

Oleh : Adam Septian Nureza

METRO SULTENG-Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari oleh segala kalangan, baik dari anak kecil hingga orang dewasa, baik wanita maupun pria dan dimainkan dari pelosok desa hingga ke tengah kota metropolitan.

Dalam sejarahnya, sepakbola sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dengan dibuktikan oleh bukti ilmiah yang memperlihatkan di Cina sejak era Dinasti Han ada sebuah olahraga seperti bola">sepak bola yang dikenal sebagai “Tsu Chu” yang bertujuan untuk Latihan fisik para tentaranya.

Sedangkan pada masa sekarang sepakbola pertama kali dikembangkan di negara Inggris. Sepak bola dikenal berawal dari permainan bola sekolah umum di Inggris, kemudian bola">sepak bola berkembang berkat upaya orang-orang pada pertengahan abad kesembilan belas yang mulai membuat beberapa aturan pada klub bola">sepak bola lokal, dan berakhir pada pembentukan asosiasi bola">sepak bola di London, Inggris pada tahun 1863.

Aturan yang dibuat oleh asosiasi tersebut agar para klub dapat bermain tanpa ada perselisihan, membuat aturan khusus seperti bola tidak boleh dipegang menggunakan tangan (kecuali penjaga gawang) dan larangan bermain curang selama pertandingan.

Kemudian pada tahun 1904, berdirilah sebuah organisasi yang menaungi semua asosiasi bola">sepak bola di dunia. Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) di Prancis. FIFA memiliki sebuah slogan yaitu “FOR THE GAME FOR THE WORLD”.

Sampai saat ini FIFA memiliki 209 negara yang tergabung di dalam organisasi terbesar sepakbola dunia ini. FIFA memiliki markas di Zurich, Swiss. Sepak bola memiliki sebuah kompetisi terbesar yang paling banyak dinanti dan digemari melebihi Olimpiade, kompetisi tersebut disebut dengan ajang Piala Dunia.

Sepak Bola di Era Modern
Seiring perkembangan zaman, sepakbola juga ikut berkembang. Mulai dari segi permainan, taktik, strategi hingga dalam segi bisnis.

Dalam dunia sepakbola era sekarang modernisasi juga sudah memasuki dalam sistem sepakbola dunia, dimana modernisasi sudah mulai mempengaruhi tentang penjualan dan pembelian pemain atau dalam pembangunan internal sebuah klub yang dimana sudah masuk dengan bidang ekonomi yang lebih mengutamakan uang lebih dari segalanya.

Di era sekarang sudah banyak klub kecil yang berganti kepemilikan kemudian berpeluang menggeser klub-klub raksasa eropa untuk masuk kedalam zona kejayaan.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X