"Racun" Masuk dalam Pasar Beteleme, Ini Aksi Penjualnya

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:16 WIB
Jenis racun pembasmi hama tikus dan serangga. (foto: ist)
Jenis racun pembasmi hama tikus dan serangga. (foto: ist)

METRO SULTENG - Pasar Ponteo'a Beteleme, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, bikin heran dan tawa para pengunjungnya. Pasalnya, penjual racun bernama Dule (nama disamarkan) umur sekitar 40 tahun, tampil menggunakan pengeras suara lalu mempromosikan jualannya dengan ekspresi yang menarik pembeli.

Baca Juga: Makan Gaji di Pulau Dewata, Mandiri di Morowali Utara

Dule menjual berbagai racun serangga dan hama tikus. Namun pembaca jangan dulu salah tanggapan. Racun yang dijual Dule, bukan racun mematikan manusia, tetapi untuk jenis serangga dan tikus yang selalu mengganggu permukiman penduduk atau tanaman padi petani serta tanaman di kebun.

Baca Juga: 1 Tahun Kasus Pembunuhan di Morowali belum Belum Tuntas, Tersangka Cuma Dikenakan Pasal Pengancaman

"Kalau banyak tikus di rumah ta, pakai mi ini racun tikus yang dijual ini. Tidak perlu lagi pakai umpan tambahan, ini mi racun hama tikus yang nakal yang dijual di sini. Ada juga racun semut, racun cecak, silakan merapat dan beli ki. Kalau ada juga panci bocor, belanga bocor, dandangan dan alat dapur lainnya yang bocor, ini beli ma ki di sini. Karena ini lem manjur tambalannya untuk alat dapur yang bocor, merapat sama saya dan silakan beli," seru Dule dengan pengeras suara, membuat pengunjung pasar penasaran.

Pengunjung pasar pun merapat. Setelah mendapat penjelasan dan kegunanaannya, pembeli pun langsung morogoh kantong atau dompet untuk membeli berbagai jenis racun serangga dan hama tikus bersama lem belanga di hari Sabtu itu (3/12/2022).

Baca Juga: Hasil Pertandingan Swiss vs Serbia Berakhir 3-2, Mengantarkan Ruben dkk Lolos 16 Besar

Meski begitu, Pasar Beteleme yang ramai dikunjungi pembeli pada saat hari pasar, selalu dibanjiri pengunjung dari berbagai wilayah di Kecamatan Lembo, Lemboraya dan Kecamatan Petasia Timur Morowali Utara.

Baca Juga: Nastradamus Ramalkan Perang Dunia Ke lll Pecah Abad 21 Ini, Barat Runtuh, Inggris Tenggelam, Asia Tenggara

Hanya saja sampah kembali menumpuk lagi, yang dapat menjadi sarang tikus maupun sarang penyakit. Namun sayangnya, belum sempat terangkut lagi oleh petugas sampah. Sampah menumpuk tersebut menanti armada sampah untuk dibawa ke TPA terdekat. ***

Halaman:

Editor: Icam Djuhri

Tags

Terkini

3 Zodiak Yang Paling Dibenci Banyak Orang, Kenapa?

Sabtu, 4 Februari 2023 | 17:00 WIB

Gempa Terkini 4,2 Magnitudo Guncang Kota Bogor

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:21 WIB
X