• Jumat, 9 Desember 2022

Lestarikan Monyet Tonkean di Morowali, PT IMIP Tanam 400 Bibit Kopi Sebagai Pasokan Makanan

- Minggu, 25 September 2022 | 18:37 WIB
Valunteer (sahabat hewan primata monyet macaca) bersama PT IMIP tanam bibit kopi (Foto: Ist)
Valunteer (sahabat hewan primata monyet macaca) bersama PT IMIP tanam bibit kopi (Foto: Ist)

METRO SULTENG- Perusahaan Nikel terbesar di Asia Tenggara PT Industrial Morowali Indonesia Park (IMIP) terus menggalakkan upaya pelestarian hewan endemik Sulawesi Tengah yaitu monyet tonkean atau macaca tonkeana.

Langkah ini dilakukan mengingat jumlah dari satwa primata tersebut semakin berkurang, khususnya yang berada di Kabupaten Morowali.

Baca Juga: Polisi Akan Selidiki Transfer Rp 14 Triliun ke Staf DPRD Buol

Dari hasil pantauan mandiri yang dilakukan oleh volunteer yang menyebut diri sebagai sahabat macaca itu, saat ini jumlah spesies monyet tonkean yang ada di titik preservasi, telah bertambah sebanyak 25 ekor, dan mungkin lebih dari itu.

Sebelumnya, Koordinator Comdev CSR PT IMIP, Tommy A Prayogo menyebut jumlah hewan primata dari bumi tepeasa maroso itu lebih sedikit.

Baca Juga: Listrik PLN di Morowali Utara, Ibarat Penyakit Kronis Sulit Disembuhkan

Oleh karena itu, PT IMIP bersama ratusan valunteer yang menyebut diri sebagai sahabat Macaca itu, melakukan penanaman 400 pohon bibit kopi, sebagai salah satu cara menjaga kebutuhan sumber pakan monyet tonkean.

"Tahun lalu juga, teman-teman telah menanam tanaman buah sebagai sumber alternatif pakan bagi macaca. Kali ini ada sekitar 400 bibit kopi yang kami tanam," jelas Tommy A Prayogo, saat ditemui usai kegiatan preservasi macaca tonkeana, di Bahodopi. Minggu (25/9/22).

Baca Juga: Aliran Duit Proyek TTG Donggala Mengalir Kemana-mana, Giliran Lubis Diduga Setor 300 Juta ke Oknum Kejati

Diakhir kesempatannya, Tommy berharap agar tanaman-tanaman tersebut dapat tumbuh dengan cepat supaya ketersediaan makanan untuk macaca terpenuhi dihabitatnya.***

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Aksi Alumni Akpol 1990 Bantu Korban Gempa Cianjur

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:41 WIB
X