• Minggu, 27 November 2022

Gempa Bumi Magnitudo 4,2 Landa Poso Berpusat di Taripa, BMKG Keluarkan Rekomendasi Ini Untuk Warga

- Senin, 22 Agustus 2022 | 20:09 WIB
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

METRO SULTENG-Gempa Tektonik magnitudo 4,2 melanda Kabupaten Poso, Sulteng, Senin, 22 Agustus 2022 pukul 20:08 WITA, berpusat di Taripa.

Hasil analisis BMKG Palu menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.85 LS - 120.88 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 8 km arah timurlaut Taripa (Kab. Poso), Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 5 km.

Baca Juga: Penggeledahan Kantor Perizinan Pemprov Sulteng Oleh Penyidik Kejati Terkait Dugaan Korupsi PT ANI

Jenis dan Mekanisme Gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Dampak Gempabumi berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Tomata (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca Juga: Antisipasi Tawuran Antar Pelajar, Polsek Luwuk Tingkatkan Patroli

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempabumi Susulan: Hingga hari Senin, 22 Agustus 2022 pukul 20:17 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG Palu memberi rekomendasi kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: Diduga Cabuli Anak Kandung, ZS Dibekuk Polisi

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," demikian Kepala Stasiun Geofisika Palu Sujabar, S.T dalam rilis resminya melalui kanal instagram/Twitter@infoBMKG).***

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Aksi Alumni Akpol 1996 Bantu Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 23:10 WIB
X