• Jumat, 7 Oktober 2022

Cuaca Ekstrim, UPP Kolonodale Himbau Kapal Penumpang Jaga Keselamatan di Laut

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:58 WIB
Pelabuhan Kolonodale Kabupaten Morowali Utara (Foto/istimewah)
Pelabuhan Kolonodale Kabupaten Morowali Utara (Foto/istimewah)

METROSULTENG.com, Morowali Utara -Menyikapi pengumuman BMKG terkait waspada cuaca buruk dan gelombang tinggi dilaut, UPP kelas III Kolonodale menghimbau kapal penumpang yang melayani trayek Kolonodale-Baturube-Kolobawah untuk waspada dilaut.

Ditemui di kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UUP) kelas III Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara, Sulteng, Kepala Bagian Petugas Laut dan Pelayanan Jasa yang sekaligus Pelaksana Harian (PLH) Kantor UPP Kelas III Kolonodale, Muharram Muh. Saleh mengatakan, setelah mendapat infomasi BMKG terkait cuaca buruk pada tanggal 1-3 Agustus 2022 tentang prediksi gelombang tinggi, pihaknya langsung menghimbau kepada seluruh nakhoda dan ABK kapal penumpang yang melayani pelayaran Kolonodale-Baturube-Kolobawah, agar meningkatkan kewaspadaan selama dalam pelayaran.

"Sejak kapal Ferry naik dok, pantauan kami  volume penumpang naik untuk menggunakan kapal kayu," ujar Muharram Rabu (3/8/2022) siang, di kantor UPP kelas III Kolonodale.

Muharram juga menyebut, sebelum kapal bertolak ketempat tujuan, pihaknya membatasi penumpang yang akan berlayar sesuai kapasitas kapal.

Tak hanya itu lanjut Muharram, pihaknya juga memeriksa kelengkapan keselamatan berlayar, seperti baju renang, pelampung dan alat  lainnya untuk digunakan dalam keselamatan apabila ada kecelakaan laut.

"Saat ini musim angin timur, membuat gelombang cukup tinggi di Teluk Tolo. Olehnya itu, pihak UPP Kolonodale terus menghimbau kapal-kapal yang melayari Kolonodale-Baturube-Kolobawah selalu waspada. Dan kalau dalam perjalanan pelayaran ada kendala gelombang tinggi, sebaiknya nakhoda mencari tempat berlabuh untuk berlindung dari terjangan ombak maupun badai angin timur. Nanti setelah cuaca normal, baru melanjutkan perjalanan," imbau Muharram. *(Rudy A.Mairi)

Editor: Abd Rahman M. Djafar

Sumber: Redaksi

Tags

Terkini

PT BTIIG Bangun Tiga Mesjid Anti Gempa Di Morowali

Minggu, 18 September 2022 | 21:44 WIB

Basarnas Palu Gelar Pelatihan Medan Ketinggian

Rabu, 14 September 2022 | 16:48 WIB
X