• Jumat, 7 Oktober 2022

Mahasiswa KKN-T IPB University Latih Buat Nugget Tempe Warga Kuripan Pekalongan

- Senin, 1 Agustus 2022 | 12:02 WIB
Mahasiswa KKN IPB (FOTO: DOK)
Mahasiswa KKN IPB (FOTO: DOK)

METRO SULTENG-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University menggelar pelatihan pembuatan nugget tempe kepada ibu-ibu di wilayah Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Pelatihan dilakukan bersama perajin tempe, Dzikriyah, sebagai narasumber.

Salah satu mahasiswa KKN-T IPB University, Khairunnisa dalam rilis media mengatakan, tujuan sosialisasi pengolahan nugget tempe ini untuk mengembangkan produk olahan tempe. Pelatihan ini dapat menjadi pemantik bagi para pelaku usaha.

“Tentunya dukungan sangat dibutuhkan, terutama dari pemerintah daerah yang mempunyai pengaruh dalam masyarakat. Harapannya, peserta dapat mengembangkan inovasi yang memiliki nilai tambah pada nugget tempe,” ucapnya saat pelatihan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Vale Cup Morowali Resmi Bergulir, Rebutkan Piala Bergilir 3 Cabang Olah Raga

Baca Juga: Tanggal Merah Bulan Agustus 2022 dan Daftar Hari Pentingnya

Perwakilan Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Dzum mengatakan, potensi tempe di Pekalongan diharapkan dapat berkembang menjadi produk yang lebih bervariasi, salah satunya dengan nugget tempe. Saat ini, nugget tempe dapat dijual di sekitar Pekalongan, seperti sekolah dan warung.

“Secara jangka panjang, produk tersebut diharapkan dapat menembus pasar yang lebih besar. Oleh karena itu, potensi olahan tempe dapat menjadi produk unggulan tempe yang dapat meningkatkan ekonomi Kota Pekalongan,” tambahnya.

QBaca Juga: Pangkat Pengabdian, Wakapolres Morowali Utara H. Amri Raih AKBP

Baca Juga: Hati-hati, Jalur Kebun Kopi Sulteng Senin Pagi Terjadi Longsor Dititik KM 17

Acara dilanjutkan dengan praktik langsung yang didampingi oleh Dzikriyah. Kegiatan berlangsung dengan antusias dari para peserta. Selama kegiatan berlangsung, ibu-ibu yang hadir sangat bersemangat saat melakukan pembuatan nugget tempe.

Sebagian dari mereka, sering membuat nugget tempe secara mandiri di rumah masing-masing, sehingga peserta terampil dalam membuat nugget tempe. Pada akhir acara para peserta membawa pulang nugget tempe yang telah mereka buat.***

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

PT BTIIG Bangun Tiga Mesjid Anti Gempa Di Morowali

Minggu, 18 September 2022 | 21:44 WIB

Basarnas Palu Gelar Pelatihan Medan Ketinggian

Rabu, 14 September 2022 | 16:48 WIB
X