Gubernur Sulteng Tolak Lantik Sekdaprov Yang Ditetapkan Presiden, Ini Alasan Rusdy Mastura

- Jumat, 9 Desember 2022 | 10:52 WIB
Dra. Novalina
Dra. Novalina

METRO SULTENG-Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura menolak untuk melantik Novalina sebagai Sekretaris Provinsi (Sekprov), meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang telah dikeluarkan.

Gubernur Sulteng tolak lantik Sekprov pilihan Presiden itu terungkap lewat siaran pers yang dikeluarkan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, saat Gubernur Rusdy Mastura menanggapi SK tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Pemprov Sulawesi Tengah, di Hotel Bidakara, Jumat 9 Desember 2022.

Baca Juga: Aksi Alumni Akpol 1990 Bantu Korban Gempa Cianjur

Gubernur menyampaikan, SK tersebut akan dikonsultasikan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo, dengan memberikan pertimbangan yang riil dari Gubernur kepada Presiden RI.

Gubernur Sulteng itu menyampaikan harapannya, SK tersebut diminta untuk ditinjau kembali dengan pertimbangan sesuai dengan prosedur seharusnya, yang diangkat itu adalah calon yang memiliki nilai asesment yang tinggi, dan memiliki rekomendasi yang disampikan Gubernur.

Kata dia, calon Sekda diusulkan dan diberikan rekomendasi oleh Gubernur, sudah dipertimbangkan dengan matang. Pejabat tersebut telah teruji integritasnya dan kecakapannya selama ini.

Baca Juga: Pemprov Sulteng Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur Rp 1 Miliar dan Open Donasi ASN 250 Juta

Gubernur menegaskan, dengan pertimbangan tersebut maka ia menolak untuk melakukan Pelantikan.

“Saya lepas pemilihan Sekda, tetapi saya juga berharap dan merekomendasikan calon yang saya anggap cakap dan memiliki integritas dan loyalitas untuk membantu saya,” ujar Rusdy Mastura, dikutip dari siaran pers Gubernur.***

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X