• Minggu, 5 Februari 2023

Permukaan Air Sungai Laa di Tompira Morowali Utara Naik, Kebun Jagung Warga Terancam Gagal Panen

- Senin, 5 Desember 2022 | 16:43 WIB
Tanaman jagung warga Tompira terendam air sungai Laa (Foto : istimewa)
Tanaman jagung warga Tompira terendam air sungai Laa (Foto : istimewa)

METRO SULTENG – Permukaan air sungai Laa yang melintas di Desa Tompira Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mulai naik akibat intensitas hujan yang tinggi.

Pemerintah Desa (Pemdes) Tompira melalui Kaur Kesra, Darson yang dikofirmasi terkait dengan kondisi permukaan air sungai Laa yang mulai naik, membenarkan, bahkan ia menyatakan beberapa hektar kebun jagung milik warga sekitar yang berada di bantaran sungai, sudah terendam dan terancam gagal panen.

"Sebenarnya mulai dari tadi malam sekitar pukul 24:00 wita saat sebagian warga sudah tertidur, air mulai naik. Bahkan pada esok paginya, mesin water pump merek DAB milik saya yang berada dibantaran sungai sudah tidak terlihat akibat direndam air sungai Laa," sebut Darson kepada media ini saat dihubungi melalui via telpon, Senin (5/12/2022) siang.

Salah satu rumah warga yang berada di bantaran sungai Laa, mulai digenangi air
Darson menyebut, tidak biasanya air Sungai Laa naik pada bulan Desember. Banjir kerap terjadi pada Maret dan April, itupun kalau terjadi banjir besar dengan siklus 10 tahun sekali.

Namun ia tak bisa pungkiri cuaca akhir-akhir ini sulit diprediksi. "Kita berdoa tidak akan terjadi banjir di bulan Desember 2022 ini. Karena bila terjadi banjir, dikhawatirkan besar. Apalagi, cukup banyak penyumbatan aliran sungai dengan maraknya penimbunan untuk bangunan," akunya.

Meski begitu, ia dan warga berdoa dan berharap semoga tidak terjadi banjir di bulan Desember 2022 ini, maupun bulan Maret dan April 2023 mendatang.

"Saat ini warga terus memantau pergerakan air di sungai Laa, sebab debit air mulai naik dari semalam. Ya, sama-sama kita berdoa, mudah-mudahan tidak terjadi banjir,” harap Darson. ***

Editor: Abd Rahman M. Djafar

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X