• Selasa, 7 Februari 2023

50 ODCB Akan Ditetapkan Secara Bertahap Oleh Pemkab Morowali, 5 Diantaranya Menunggu Keputusan Bupati

- Kamis, 1 Desember 2022 | 06:00 WIB
Hasil rekomendasi ini akan diserahkan ke Bupati Morowali Drs Taslim untuk ditetapkan sebagai cagar budaya
Hasil rekomendasi ini akan diserahkan ke Bupati Morowali Drs Taslim untuk ditetapkan sebagai cagar budaya

METRO SULTENG- Pemerintah Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah akan menetapkan beberapa Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) secara bertahap yang memiliki kriteria sebagai objek cagar budaya.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, kurang lebih 50 ODCB yang ada di Morowali yang akan ditetapkan sebagai objek cagar budaya secara bertahap jika memenuhi kriteria, diantaranya seperti Mateantina di Kolono, Rampeasina Mempueno di Sakita, Air Baho Tobungku di Bahontobungku, Fatu Pinodo di Bahoeya Reko-reko yang nantinya akan untuk diusulkan di Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Baca Juga: Babak Baru! Penghina Dewi Persik Resmi Jadi Tersangka Tapi Tak Ditahan, Ini Alasannya

Menurut para pakar, penetapan cagar budaya ODCB harus memiliki kriteria seperti usia 50 tahun lebih, mewakili masa yang paling singkat 50 tahun, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan atau kebudayaan, dan memiliki penguatan kepribadian bangsa yang berupa benda, bangunan, situs kawasan satuan ruang atau geografis melalui penelitian TACB,dan juga telah diatur dalam PP Nomor 1 tahun 2022 pasal 1.

Sebelumnya pada hari Jumat (25/11/22), TACB Morowali telah merekomendasikan 5 ODCB yaitu Masjid Tua Bungku, gua berlian, gua mbokita, gua vavompogaro ,dan benteng Fafontofure. Kelima ODCB ini direkomendasikan saat sidang penetapan yang turut dihadiri oleh Bupati Morowali Drs Taslim.

Baca Juga: Mengerikan! Ramalan Kartun The Simpsons 24 Tentang Perang Rusia Vs Ukraina, Kini Jadi Kenyataan

Hasil rekomendasi ini akan diserahkan ke Bupati Morowali Drs Taslim untuk ditetapkan sebagai cagar budaya melalui keputusan Bupati,selambat-lambatnya 30 hari setelah rekomendasi diserahkan.

Pada saat menghadiri sidang penetapan cagar budaya yang digelar diaula Dinas Pendidikan Pemkab Morowali, Taslim mengucapkan banyak terimah kasih kepada tim ahli cagar budaya (TACB) yang telah melakukan peninjauan kepada sejumlah ODCB yang ada di Kabupaten Morowali.

Menurut orang nomor satu dibumi tepeasa maroso ini, kehadiran situs cagar budaya sangat penting. Selain sebagai upaya pelestarian warisan budaya,namun juga menggerakan perekonomian, dan dimanfaatkan dalam kepentingan penelitian lainnya.

Baca Juga: Mercedes-Benz S580 4MATIC 2022, Model Generasi Ketujuh Menggunakan Teknologi Mengesankan

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X