• Jumat, 30 September 2022

Pemkab Tojo Una-una Gelar Rakor Regsosek 2022

- Rabu, 21 September 2022 | 01:00 WIB
Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-una, Ilham Lawidu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 (Foto : Candra Lubah)
Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-una, Ilham Lawidu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 (Foto : Candra Lubah)

METRO SULTENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022.

Rakor bertema “Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat” dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Tojo Una-una, Ilham Lawidu bertempat di Hotel Ananda Ampana, Selasa (20/9/2022).

Ilham Lawidu mengatakan, regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial.

“Pengetahuan akan peringkat kesejahteraan penduduk sangat membantu pemerintahan di berbagai tingkatan dalam menyasar penduduk yang rentan miskin dan miskin ekstrem, khususnya dalam perlindungan sosial dan tanggap darurat kebencanaan,” ungkap Wabup Ilham Lawidu dalam sambutan.

Data regsosek yang lengkap, kata Wabup, akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, meningkatkan inklusi keuangan, dan program lainnya untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.

Rakor Regsosek 2022 (Foto : Candra Lubah)
Regsosek merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia. Untuk itu, kementerian/lembaga harus berkerja sama untuk saling membagi, manfaatkan dan menghubungkan regsosek dengan basis data masing-masing institusi, seperti halnya data kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil), data terpadu kesejahteraan sosial ( DTKS), data pokok pendidikan (Dapodik) dan pendataan keluarga (PK).

“Kedepan, regsosek harus terhubung dengan data ketenagakerjaan, dunia usaha secara keseluruhan termasuk UMKM dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pembangunan di segala bidang,” harap Wabup.

Wabup Ilham Lawidu juga menyampaikan pelaksanaan regsosek butuh upaya dan komitmen untuk berkolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, dan juga desa/kelurahan.

“Kita pun membutuhkan partisipasi aktif dari berbagai elemen seperti, akademisi, pengamat kebijakan, pakar, dan masyarakat umum agar pendataan awal regsosek berjalan dengan sukses menuju Kabupaten Tojo Una-una yang tangguh, maju dan sejahtera,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Tojo Una-una, Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah, unsur Forkopimda dan para Kepala OPD di lingkungan Pemda Tojo Una-una.*(Candra Lubah)

Halaman:

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

559 Unit Huntap Talise Dimulakan Pembangunannya

Senin, 26 September 2022 | 14:29 WIB
X